Lewat Lagu Berani Bersuara, LALEILMANINO dan JKT48 Ajak Gen-Z Nyanyi Bareng di TikTok dan Instagram

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

 – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi berkolaborasi dengan LALEILMANINO dan JKT48 meluncurkan kampanye literasi digital terbarunya, #BeraniBersuara.

Lewat lirik lagu easy listening, kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi muda di Indonesia, khususnya Generasi Z (Gen Z) untuk semakin bijak bermedia sosial sehingga tercipta ruang berkreasi digital yang positif, beretika, dan aman.  

ADVERTISEMENTS

Sebagai bagian dari kampanye Makin Cakap Digital ini, LALEILMANINO secara apik menciptakan sebuah lagu berjudul “Berani Bersuara <3<3” yang diluncurkan pada tanggal 27 Mei dan dinyanyikan bersama grup idol populer remaja, JKT48. 

ADVERTISEMENTS

Peluncuran lagu ini akan diikuti dengan kampanye “Duet Bareng JKT48” yang mengajak Gen Z untuk bernyanyi duet bersama personil JKT48 di Tiktok dan “Nyanyi Bareng Laleilmanino” di Instagram, sehingga tercipta kebersamaan dan keterikatan dengan pesan yang disampaikan di dalam lirik lagu tersebut.

ADVERTISEMENTS

“Kami percaya musik adalah media yang sangat hebat untuk menyadarkan kita akan nilai-nilai baik yang terkadang sering kita lupakan. Dengan aransemen yang cukup upbeat dan penuh nada-nada riang, semoga para pendengar akan lebih mudah menerima lirik atau pesan yang tergolong serius bila dikemas secara fun, seperti judulnya menggunakan emotikon <3<3 yang maksudnya berarti hati–hati. Terkesan playful, digital, tapi maknanya dalam” ujar Nino, perwakilan dari LALEILMANINO.

ADVERTISEMENTS

Di sisi lain, JKT48 menyampaikan harapan mereka agar Gen Z dapat menunjukkan budi pekerti di ranah digital “Masyarakat muda dan Gen Z cenderung mencari hiburan dan role model di media sosial. Melalui musik dan gerakan dance, kami ingin bisa menyentuh hati masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia,” ujar Sheni, perwakilan dari idol group JKT 48.

ADVERTISEMENTS

Peluncuran kampanye ini dilakukan berdekatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei, dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk terus membangkitkan semangat kreatif Gen Z Indonesia dalam membuat konten positif dan berinovasi secara kreatif di platform digital secara beretika.

ADVERTISEMENTS

“Melihat kondisi ini, diharapkan kampanye #BeraniBersuara tidak hanya dapat mengedukasi dan menginspirasi Gen Z Indonesia untuk semakin cakap digital namun juga dapat membuat konten yang menarik, tetapi mereka juga dapat memaknai dan merenungkan kembali pentingnya menggunakan media sosial dengan bijak, beretika, dan bebas dari dampak negatif seperti hoaks, penipuan online, penyalahgunaan data pribadi serta cyberbully,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo. 

Sebagai musisi yang peduli dengan literasi digital beretika, LALEILMANINO mengungkapkan “Meskipun kami senang hari ini semua orang lebih berani berekspresi, namun cukup disayangkan terkadang masih ada tautan atau komentar yang disampaikan tanpa memperhatikan etika yang baik. Harapan kami, semoga lagu ini tidak hanya dapat menghibur telinga, tetapi maksud dari liriknya pun dapat dipahami dan dijadikan bahan pikiran Gen Z untuk menciptakan budaya berkomunikasi yang baik di Indonesia.”

Penulis

Editor Tubagus Guritno

Sumber: Tabloidbintang

Exit mobile version