HIBURAN

Aplikasi Absen Online: Bantu Tugas HRD Cepat Selesai dan Akurat

image_pdfimage_print

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan manfaat bagi perusahaan Anda ketika beralih ke aplikasi absen online yang lebih modern seperti Talenta by Mekari:

ADVERTISEMENTS
Kartu ATM Expired Bank Aceh Syariah

1. Akurasi dan Standarisasi Data Terjamin

ADVERTISEMENTS
Selamat Milah BPKH ke 7 Tahun

Seringkali data absensi mudah untuk dimanipulasi, apalagi jika menggunakan absen manual atau aplikasi absen online bisa saja bukti yang dikirimkan tidak realtime, misalnya menggunakan foto pada galeri maka data tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sedangkan ketika menggunakan aplikasi absen online data yang diperoleh dijamin akurat seperti take foto by camera, penyaringan spot tertentu saja yang dapat digunakan untuk mengakses absensi sehingga dengan menggunakan aplikasi absen online, karyawan benar-benar berada di lokasi yang ditentukan sehingga tingkat kecurangan karyawan dapat diminimalisasikan.

ADVERTISEMENTS
QRIS Merchant Bank Aceh Syariah

2. Pemantauan Kinerja Karyawan dapat Dilakukan Secara Realtime

ADVERTISEMENTS
SMS Poin - Bank Aceh Syariah

Seorang Manajer dapat memantau kinerja karyawan di manapun secara realtime melalui dashboard aplikasi absen online yang telah disediakan, hal ini biasanya dilakukan oleh manajer yang memiliki banyak petugas lapangan, seperti cleaning service, teknisi, kontraktor, dll yang lebih banyak melakukan pekerjaannya di luar dengan tujuan agar kinerja petugas lapangan dapat maksimal. Disebabkan banyak petugas lapangan yang seharusnya dalam 1 hari dapat melakukan kunjungan ke 10 lokasi costumer namun ketika tidak dilakukan pemantauan, hanya melakukan kunjungan ke 5 lokasi saja sehingga akan merugikan perusahaan, kepercayaan customer menurun serta kualitas pelayanan perusahaan menurun.

Berita Lainnya:
Ternyata Semasa Hidup Aktor Fuad Baradja Aktif di Komnas Pengendalian Tembakau, Edukasi Bahaya Rokok bagi Anak
ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Guru Nasional

3. Mobilitas dan Efisiensi Tinggi

ADVERTISEMENTS
Kartu ATM di Rumah, Action Mobile di Tangan

Bisa dibayangkan ketika jarak kantor dan lokasi kerja 20 km maka karyawan anda harus datang ke kantor terlebih dahulu kemudian baru ke lokasi pekerjaan akan menghabiskan waktu berapa lama untuk menyelesaikan 1 pekerjaan saja??

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari KORPRI ke-53

Namun dengan adanya aplikasi absen online yang dapat diakses di manapun dan kapanpun menggunakan Smartphone sehingga tidak perlu datang ke kantor terlebih dahulu kemudian antre, dan membuang-buang waktu yang cukup banyak untuk melakukan absensi. Cukup langsung datang ke lokasi kerja yang telah ditentukan kemudian melakukan log in aplikasi absen online di Smartphone masing-masing karyawan dan dapat langsung melakukan pekerjaan. Simple bukan?

4. Mempermudah Evaluasi Kinerja

Data absensi yang awalnya direkap untuk tiap mingguan atau bulannya dengan aplikasi absen online dapat dilakukan kapanpun sehingga evaluasi kinerja karyawan juga dapat dilakukan kapanpun. Lebih mudah juga untuk melihat karyawan yang sering absen jumlah jam kerja karyawan untuk setiap harinya, dan jumlah jam lembur dengan tujuan untuk melihat performa karyawan guna melakukan evaluasi kinerja karyawan apakah sesuai KPI atau tidak dan lebih mudah untuk menentukan langkah strategis selanjutnya yang akan dilakukan pihak manajemen. Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Safudin dalam sebuah usaha Laundry bahwa absen online berpengaruh positif terhadap kedisiplinan kerja karyawan.

Berita Lainnya:
Ancaman Terkait Gus Miftah Jadi Kenyataan, Video Aib Clara Shinta Kini Disebar

Bagaimana dengan perhitungan gaji yang menggunakan banyak variabel dalam perhitungannya?

Perhitungan Gaji haruslah terintegrasi dengan keseluruhan total jam kerja yang karyawan lakukan selama satu bulan seperti jam kerja rutin, jam kerja lembur, jam kerja di luar kantor, hitungan cuti, izin, pemotongan pajak dan sebagainya.

Kini variabel tersebut seperti laporan cuti, izin, serta total jam kerja bisa di-input atau dipantau langsung dari smartphone karyawan. Jika masih manual, karyawan harus melapor melalui form lalu HRD menginputnya ke dalam komputer.

Selain itu, perhitungan gaji atau disebut payroll, tentunya tiap perusahaan memiliki perbedaan dalam bank payroll yang digunakan. Dengan revolusi industry 4.0 yang terjadi sekarang ini ada baiknya ditunjang dengan system yang benar. Namun apa jadinya bila proses penggajian karyawannya dilakukan secara manual satu per satu, disesuaikan dengan format Bank transfer yang sesuai dengan Bank yang dituju?

Dengan system payroll dari HR System yang dilengkapi oleh fitur-fitur seperti form otomatis yang disediakan HR System maka pekerjaan Anda sebagai HRD akan semakin lebih mudah. Anda akan memiliki banyak waktu untuk melakukan pekerjaan yang lain.

Follow HARIANACEH.co.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik WhatsApp Channel & Google News

1 2 3

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya