HIBURAN

Karya Rose.Ma.Lina x Sofie Tampil Memukau di Kota Paris

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Slow fashion jadi salah satu argumen yang dipresentasikan Indonesia Fashion Chamber (IFC) di kota Paris pada 3-4 September 2022 lalu. Presentasi yang bertajuk Front Row ini berlangsung di lokasi yang berbeda, dengan menghadirkan isu sustainable fashion. Pertama di sebuah kapal yang berlayar mengarungi sungai Seine. Dimana bagian deck kapal dibuah menjadi sebuah panggung catwalk.

ADVERTISEMENTS
Kartu ATM di Rumah, Action Mobile di Tangan

Sementara di hari kedua lokasi yang diambil adalah Galerie Boubon, sebuah gedung abad 18 bergaya Parisien dengan pilar-pilar berukir emas dan lampu kristal yang mewah.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2024

Show ini seolah dibuat lebih lengkap di mana setiap perancang busana mempersembahkan sedikitnya 5 hingga 6 busana. Dalam pergelaran ini IFC bekerja sama dengan Viva Cosmetics sebagai official makeup dan hairdo. Acara ini turut didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia, dan juga Kementerian Koperasi dan usaha kecil menengah,  Bapak Duta Besar Mohamad Oemar dan istri, juga Ibu Mufidah Kalla sebagai tamu kehormatan.

ADVERTISEMENTS
Memperingati 96 Tahun Sumpah Pemuda dari Bank Aceh Syariah

 Rose.Ma.Lina x Sofie. (Istimewa)

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan Ketua DPRA, Wakil Ketua I DPRA dan Wakil Ketua II DPRA

Dan tentunya dengan berlatar romantisnya kota Paris. IFC kali ini menampilkan para designer dan kreasi yang dibawa. Ada 17 designer yang hadir di antaranya Rose.Ma.Lina x Sofie, Ali Charisma, Deden Siswanto, Lisa Fitria, Lenny Agustin, NY by Novita Yunus, Phillip Iswadono, Roemah Kebaya Vielga, LAELYIND, Putri Anjani by Pranaliving, BBPPMV BISPAR x SMKN 3 Malang, Nura Boutique by Oewi Wahyono, Nina Nugroho, Mida Gita Fitria, Hikmat Fashion, ISWI Fashion Academy, dan Tenun Gaya by Wignyo.

Berita Lainnya:
Jefri Nichol Diperiksa Polisi Buntut Dugaan Pengeroyokan di Senopati
ADVERTISEMENTS
Pertemuan Tahunan Perbankan Syariah 2024

Sekedar diketahui, event ini sebelumnya bernama LA MODE Sur La Seine à Paris, dan kini berubah nama menjadi Front Row. Yang mana, Front Row merupakan program berkelanjutan The Fashion Journey IFC dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi designer Indonesia yang telah siap memasuki pasar global, antara lain Eropa yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fesyen dunia. Dan pada tahun ini, Front Row melaksanakan kegiatan seperti fashion showcase, business matching, dan pop up store.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Santri Nasional

“Ini kegiatan yang ketiga kalinya kami selenggarakan di kota Paris. Kami berharap event Front Row Paris dapat memberikan hasil lebih optimal dan semakin banyak media serta buyer dari negara-negara di Eropa yang hadir dan membuka peluang kerjasama bisnis ke depannya dengan para designer Indonesia. Melalui kegiatan ini, para designer Indonesia dapat melihat langsung dan mempelajari kebutuhan produk fesyen di pasar Eropa,” ucap Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber pada awak media.

Tema peduli lingkungan memang sudah menjadi tren global, sehingga tumbuhnya kesadaran untuk mencintai alam sudah harus diterapkan diberbagai bidang tidak terkecuali industri fashion. Kerja sama dengan para pengrajin lokal dihadirkan dengan persembahan beragam gaya menggunakan kain wastra. Kain yang memiliki ciri khasnya daerah di Indonesia seperti tenun kalimantan Ulap Doyo, tenun Sumba sampai batik Cirebon.

Berita Lainnya:
Momen Kocak Warga Yogyakarta yang Kena Air Liur Babi saat Berangkat Kerja, Bikin Ngakak Netizen

Amal Sultan yang bekerja dalam bidang fashion sebagai Head of Sales dari L’adresse Paris agency mempunyai apresiasi tersendiri setelah mengikuti secara rutin dua hari show ini. Ia tertarik dengan kreasi sederet designer fashion Indonesia yang dinamis, dan favoritnya adalah penggunaan bahan eco printing unik yang dipadukan dalam sebuah gaya kontemporer.

Menurutnya, untuk menembus market internasional, sebaiknya setiap perancang busana terutama emerging brand harus mempunyai identitas tersendiri, jangan terlalu terinspirasi oleh brand yang populer sehingga mengenyampingkan DNA-nya sendiri, kemudian buatlah branding dan marketing secara terorganisir.

 Rose.Ma.Lina x Sofie. (Istimewa) Rose.Ma.Lina x Sofie. (Istimewa)

Yang menjadi perhatian para pecinta fashion di event Front Row Paris adalah brand Rose.Ma.Lina x Sofie. Brand tersebut dikenal dengan ciri color full fashion dan motif unik yang segar. Brand tersebut menciptakan scarf dengan memadukan digital image dan diproses dengan digital printing.

Scarf yang awalnya berfungsi sebagai aksesoris yang melengkapi busana, kini banyak dipakai sebagai hijab, lalu ‘disulap’ menjadi jaket, outer, celana dan juga rok.

1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya