Sabtu, 05/10/2024 - 10:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Olahan Tepung Magrove, Tim PKK Kajhu Sabet Juara II Expo UMKM Aceh

image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Tim PKK Gampong (Desa) Kajhu, Kabupaten Aceh Besar, bekerjasama dengan FASTANA-TDMRC Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil membuat terobosan kuliner berupa brownies mangrove avicennia dengan selai strawberry.

ADVERTISEMENTS
Hari Kesaktian Pancasila dari Bank Aceh Syariah

Atas keberhasilan itu, kolaborasi Tim PKK Kajhu dan USK, sukses meraih juara II pada Expo UMKM Aceh, Maret 2023. Ketua FASTANA, Hasnan Hanif mengatakan, bekal pengetahuan tersebut bersumber dari sosialisasi yang diadakan sebelumnya oleh FASTANA terkait kegunaan dan manfaat tepung mangrove kepada tim PKK tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengucupan Sumpah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Baca juga: Terkena Rantai Mesin Kapal, WNA Piliphina Terpaksa Dievakuasi Basarnas

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

“Hasil juara ini menunjukkan bahwa tepung mangrove merupakan bahan yang memiliki potensi besar menjadi produk unggulan Aceh, karena kandungan mangrove yang bersifat non gluten, ditambah kandungan antioksidan yang tinggi, dapat menjadi alternatif dari tepung yang sudah ada di masyarakat” ujarnya, Selasa (14/3/2023).

Berita Lainnya:
Pj Ketua TP PKK Aceh Sambut Kedatangan Ketua TP PKK Pusat
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Lebih jauh ia mengutarakan, sebuah kebanggan dan kehormatan besar bagi USK bisa membantu ibu-ibu desa, terutama yang aktif di PKK, untuk bisa memanfaatkan SDA yang berada di sekitar mereka, yaitu mangrove.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Duka Cita atas Meninggal Dunia Bank Aceh Syariah Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab

“Penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan bagi FASTANA USK dalam rangka memanfaatkan SDA yang ada di sekitar masyarakat, dan bagian dari sumbangsih kampus untuk sekitar. Ini tentu baik lagi positif sebagai salah satu potensi usaha yang menjanjikan,” ungkap Hasnan.

Baca juga: Begini Progres Persiapan Sabang Marine Festival 2023, Event Bahari Terbesar di Aceh

Dengan adanya penghargaan ini, pihaknya berharap, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan menciptakan produk UMKM, seperti brownies mangrove avicennia dengan selai strawberry. Disaat yang sama, kiranya dapat menumbuhkan kepercayaan diri serta jiwa wirausaha ibu-ibu Gampong Kajhu.

Berita Lainnya:
Saksikan! Kembang Api Spektakuler Meriahkan Pembukaan PON Aceh-Sumut

Sementara itu, Ketua Tim PKK, Ninik Ariani mengungkapkan rasa terima kasih kepada FASTANA yang telah memberikan sosialisasi, tentang pemanfaatan tepung mangrove yang masih jarang digunakan oleh masyarakat dalam pembuatan makanan.

“Terimakasih banyak kepada adik-adik mahasiswa dari FASTANA yang telah memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan mangrove menjadi tepung ini, kami sebenarnya tidak menyangka akan menjadi juara, dikarenakan produk ini termasuk ke dalam produk baru, akan tetapi dinilai oleh chef merupakan inovasi baru yang memiliki rasa yang enak dan dengan cita  rasa eksotis,” katanya.[]


Reaksi & Komentar

قَالَ سَتَجِدُنِي إِن شَاءَ اللَّهُ صَابِرًا وَلَا أَعْصِي لَكَ أَمْرًا الكهف [69] Listen
[Moses] said, "You will find me, if Allah wills, patient, and I will not disobey you in [any] order." Al-Kahf ( The Cave ) [69] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi