Melalui Uji Kompetensi, Pj Bupati Mahdi Bakal Rotasi 18 Posisi Eselon 2

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

#attachment_caption

ADVERTISEMENTS
ad13
image_pdfimage_print

MEULABOH – Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi, bakal melakukan rotasi 18 posisi pejabat eselon 2 melalui uji kompetensi, Pj Bupati Mahdi Bakal Rotasi 18 Posisi Eselon 2pejabat eselon 2 melalui uji kompetensi  di Jajaran Sekdakab Aceh Barat.

ADVERTISEMENTS

Pj Bupati Mahdi menepati janjinya untuk membenahi struktur birokrasi di tubuh Pemkab Aceh Barat. Setelah melalui prosedur yang ada.

Saat ini Mahdi juga telah melakukan rotasi dan mutasi eselon 3 dan 4 Pemkab Aceh Barat, sebagai bagian untuk mewujudkan birokrasi melayani, di tengah tuntutan atau ekspektasi pelayanan yang makin tinggi di Aceh Barat.

ADVERTISEMENTS

“Kita ingin agar birokrasi berjalan dan berfungsi sesuai harapan masyarakat, serta tentunya juga dalam koridor regulasi yang ada. Semua harus bekerja secara terukur, efesien dan tentu saja melayani,” tutur Mahdi, Senin (07/08/23).

Dikatakan, sesuai dengan ketentuan yang ada, mutasi itu telah dikoordinasikan dengan pejabat atasan, dalam hal ini pihak Kemendagri, BKN dan Ka ASN. Langkah mutasi itu juga bukan hanya sekadar penyegaran, namun lebih jauh dari itu adalah memenuhi tuntutan dinamisasi dalam birokrasi.

Pj Bupati Aceh Barat berharap kepada mereka yang dilantik agar berkoordinasi dan menjalin sinergitas dengan berbagai unsur terkait. Terutama dalam kaitan mempercepat implementasi berbagai program prioritas pemerintah saat ini.

Antara lain, pengendalian inflasi, penanganan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrim, mitigasi bencana, pemberdayaan ekonomi masyarakat, hingga pemantapan pelaksanaan Syariat Islam.

Pada sisi lain, Mahdi juga mengingatkan para pejabat yang baru dilantik agar mampu menjadi sosok teladan, pemimpin yang amanah dan mampu masuk dalam team work secara utuh serta solid.

“Sebagai pemimpin, kalian juga dituntut mampu mengelola konflik, dengan muara meningkatnya soliditas, solidaritas serta produktivitas di masing masing satuan kerja,” tandas Mahdi.

Pj Bupati Mahdi juga menyebutkan pembenahan birokrasi di Aceh Barat akan terus berlangsung. Bahkan dalam waktu dekat juga akan dilakukan untuk strata eselon 2.

“Hal ini mendesak kita lakukan, karena saat ini tercatat 10 posisi eselon 2 yang lowong pejabatnya. Bagaimana pun itu mengganggu kinerja operasional Pemkab Aceh Barat. Untuk itu langkah cepat harus kita tempuh, terutama untuk mengisi posisi lowong itu dengan pejabat definitif,” kata Mahdi.

Selain itu, untuk meninkatkan kinerja operasional secara menyeluruh, juga akan dilakukan pergeseran di jajaran eselon 2, yaitu menyesuaikan kompetensi pejabat dengan bidang yang digawanginya.

“Untuk itulah kita akan lakukan uji kompetensi (Ukom) sedikitnya mencakup 18 posisi eselon 2 termasuk untuk pengisian yang lowong. Ukom akan dilakukan oleh tim yang ditunjuk, dengan melibatkan pihak pihak yang punya kompetensi mumpuni untuk itu. Mereka juga independen, jauh dari intervensi pihak manapun,” tutup Mahdi.[]

Editor: Biro Meulaboh

Exit mobile version