Kamis, 10/10/2024 - 06:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Sinaberkat Distanbun Raih Terbaik Pertama di Anugerah Inovasi Aceh 2023

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh berhasil meraih penghargaan sebagai inovasi terbaik pertama di Anugerah Inovasi Aceh tahun 2023. Penghargaan ini diberikan untuk inovasi sistem informasi pelayanan benih bersertifikat yang disingkat Sinaberkat.

Sinaberkat adalah sebuah aplikasi berbasis web dan mobile yang memudahkan pengawasan peredaran benih di tingkat produsen dan pengedar benih melalui QR Barcode. Aplikasi ini dikembangkan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSBTPHP) Distanbun Aceh.

Penghargaan ini diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Mawardi kepada Kepala Distanbun Aceh Ir. Cut Huzaimah, MP dalam acara yang digelar di Anjong Mon Mata, Kompleks Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (8/12/2023).

Ir. Cut Huzaimah, MP mengucapkan rasa syukur atas penghargaan ini dan mengatakan bahwa Sinaberkat merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Distanbun Aceh dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian dan perkebunan di Aceh.

“Sinaberkat adalah sebuah terobosan yang kami lakukan untuk memastikan bahwa benih yang beredar di Aceh adalah benih yang bermutu dan bersertifikat. Dengan aplikasi ini, kami dapat memantau dan menelusuri asal-usul benih, ketersediaan stok, dan distribusi benih secara online dan real time,” ujar Cut Huzaimah.

Ia juga menjelaskan, Sinaberkat telah melalui tiga tahap seleksi, yaitu seleksi administrasi, analisis kajian, dan presentasi. Dalam presentasi, ia didampingi oleh Kepala UPTD BPSBTPHP Habiburrahman, S.TP, M.Sc dan Tim IT Drh Irvan M. Ali.

“Kami bersyukur bahwa inovasi kami mendapat apresiasi dan pengakuan dari pemerintah provinsi. Kami berharap Sinaberkat dapat memberikan manfaat bagi para petani, pengusaha, dan masyarakat Aceh dalam mendapatkan benih yang berkualitas,” tutur Cut Huzaimah.

Ia juga berharap kedepan akan ada inovasi-inovasi lain dari masing-masing bidang dan UPTD lingkup Distanbun Aceh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ke arah yang lebih baik.

Anugerah Inovasi Aceh adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Aceh kepada instansi dilingkungannya yang memiliki inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan Aceh. Tahun ini, terdapat 39 inovasi yang mengikuti tahapan seleksi, dan akhirnya Sinaberkat masuk nominasi terbaik. [*]

Artikel Sinaberkat Distanbun Raih Terbaik Pertama di Anugerah Inovasi Aceh 2023 pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.


Reaksi & Komentar

يَكَادُ الْبَرْقُ يَخْطَفُ أَبْصَارَهُمْ ۖ كُلَّمَا أَضَاءَ لَهُم مَّشَوْا فِيهِ وَإِذَا أَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُوا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَذَهَبَ بِسَمْعِهِمْ وَأَبْصَارِهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ البقرة [20] Listen
The lightning almost snatches away their sight. Every time it lights [the way] for them, they walk therein; but when darkness comes over them, they stand [still]. And if Allah had willed, He could have taken away their hearing and their sight. Indeed, Allah is over all things competent. Al-Baqarah ( The Cow ) [20] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi