MIN 20 Aceh Besar Gelar Rakor dan Pelantikan Komite Sekolah Periode 2023-2026

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Jajaran MIN 20 Aceh Besar bersama Komite Sekolah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan program kerja serta pelantikan Komite Sekolah periode 2023-2026 pada Kamis (4/1/2024), di Asrama Haji, Banda Aceh.

ADVERTISEMENTS

Rakor yang mengusung motto “Madrasah Literasi, Inovasi, Mandiri dan Berprestasi”, ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Shalawat Badar dan Mars Madrasah.

ADVERTISEMENTS

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah MIN 20 Aceh Besar, Adriah, S. Ag, M.A, mengatakan momentum diawal tahun baru 2024 ini menjadi semangat baru bagi para guru dan komite sekolah untuk bersinergi memberikan yang terbaik untuk MIN 20 Aceh Besar dalam meningkatkan prestasinya.

Menurutnya, MIN 20 Aceh Besar merupakan salah satu MIN yang berprestasi yang menjadi kebanggaan Kabupaten Aceh Besar.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah berbuat untuk prestasi yang diraih selama 2023 lalu,” ucap Adriah.

Ia juga mengucapkan apresiasi yang setingginya kepada Komite Sekolah yang selalu bersinergi dalam memajukan Madrasah, bahkan tanpa mengenal lelah.

“Begitu juga Ketua Komite sebelumya juga berkontribusi lebih hingga terpilihnya ketua Komite baru yang akan segera dilantik oleh Kasie Madrasah Kankemenag Aceh Besar,” ujarnya.

Pasca dilantik struktur organisasi Komite Sekolah Periode 2023-2026, sambutan diawali oleh Ketua lama dan Ketua baru Komite MIN 20 Aceh Besar.

Ketua Komite lama, dalam Rakor dan pelantikan ini memberikan masukan kepada Ketua Komite baru dan Kepala Sekolah agar terus bersinergi dalam menjalankan program kerja yang akan segera dibahas secara bersama.

Ia berharap agar MIN 20 Aceh Besar terus menjadi Madrasah yang bergerak sesuai dengan era digital terkini. Ketua lama mengatakan, selama kepemimpinannya, Komite telah menggagas lahirnya kelas-kelas digital bersama Kepala Sekolah dan bahkan sampai ada ruang laboratorium komputer.

Sementara itu, Ketua baru, Jasmadi, S.Psi. M.A. Psikolog, menyambut baik pesan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah dan Ketua Komite Lama, yang akrab disapa dengan Pak Haji itu, untuk meneruskan apa yang telah digagas pada periode sebelumnya dan menawarkan berbagai program kerja baru komite dalam upaya memajukan MIN 20 Aceh Besar.

Beberapa catatan penting adalah ia mengulas tentang hadirnya sekolah sebagai wadah belajar siswa untuk menjadi generasi emas Aceh nantinya.

Namun, ia juga menyinggung dalam sambutannya agar kembali melihat historis tempo dulu lahirnya MIN 20 Aceh Besar dan sekolah terpadu lainnya dalam linkungan Madrasah yang merupakan cikal bakalnya dari tanah Waqaf dari salah seorang warga Tungkop, dimana agar sekolah betul-betul memperhatikan hal tersebut agar target sekolah tidak hanya menjaga kuantitas semata namun juga kualitas menjaga harmonisasi sesama terus dijaga dan ditingkatkan untuk mewujudkan kemaslahatan bersama, termasuk menerima aspirasi dari warga masyarakat.

Dalam Rakor dan pelantikan hari ini, ia juga menyambut baik agar berbagai program kerja yang dibahas bersama agar mampu mewujudkan MIN 20 agar terus menjadi rujukan bagi madrasah, seperti halnya diakhir penghujung tahun 2023 kedatangan tamu dari provinsi tetangga yakni dari Sumatra Utara untuk studi banding ke Madrasah.

Komite Sekolah memberikan 9 Program Utama yang akan ditargetkan tahun ini yakni: 1). Melanjutkan Pembangunan Lab. Komputer. 2) Menata Kelengkapan administrasi Komite. 3). Melanjutkan kegiatan Tahfidh bagi siswa. 4). Pemberian Rewards bagi siswa-siswi yang hafal Alquran satu Jus dan yang berprestasi mengharumkan Madrasah diluar sekolah. 5). Pembentukan Keluarga Alumni MIN 20 Aceh Besar. 6). Pemberian penghargaan pada siswa miskin dan yatim. 7). Kegaitan Parenting. 8). Motovasi berpresatsi bagi siswa dan siswi dan terakhir 9). Memberikan dukungan kepada siswa dan siswi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Secara resmi Rakor penyusunan program kerja dan pelantikan Pengurus Komite periode 2023-2026, dibuka oleh Suryadi S.Ag., M.Pd mewakili Kankemenag Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Suryadi dengan antusias menyampaikan rasa bangganya atas terlaksananya acara ini dimana Ia berharap sinergitas strukturasi di sekolah dengan Komite sekolah agar mampu berperan lebih strategis, memiliki dorongan untuk mendidik siswa dan siswi untuk kesiapan menjadi generasi bangsa.

“Disamping itu, bagi para guru agar mampu menuangkan keilmuwannya dalam bentuk edukasi kepada siswa-siswi dalam berbagai bentuk skill dengan sikap humanis,” tuturnya.

Acara ini dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh Komite Sekolah yang langsung dipresentasikan oleh Ketua Baru dengan didampingi oleh struktur kerjanya. Serta pembahasan penyusunan rapat kerja oleh Pihak Sekolah bersama dengan para guru dan komite sekolah. Acara ditutup dengan foto bersama. [*]

Artikel MIN 20 Aceh Besar Gelar Rakor dan Pelantikan Komite Sekolah Periode 2023-2026 pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

Exit mobile version