Minggu, 08/09/2024 - 10:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses dari Bank Aceh untuk Pelantikan Ketua TP PKK
NASIONAL
NASIONAL

Bukti Kelemahan Soekarno terhadap Wanita, Agen CIA yang Akan Habisi Nyawanya Malah Dibebaskan

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Ketika Presiden Soekarno dihadapkan pada situasi di mana seorang agen CIA hendak menghabisinya, Soekarno membuat keputusan yang tidak terduga.Meskipun marah besar terhadap rencana tersebut, Soekarno akhirnya memutuskan untuk membebaskan agen tersebut. Hal ini dikarenakan peran dari seorang wanita.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Lantas, bagaimana kisah selengkapnya? Dikutip Hops.ID dari Youtube Pojok History, berikut ulasannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Pelantikan Dr. Safrizal, MA sebagai Pj. Gubernur Aceh

Pada tahun 1958, Indonesia Timur dilanda Pemberontakan Rakyat Semesta (Permesta). Pemberontakan ini tidak hanya pasukan lokal yang memberontak, tetapi juga mendapat dukungan dari militer AS dan agen-agen CIA.

ADVERTISEMENTS
Gadai Emas melalui Pembiayaan Qardh Beragun Emas

“Militer Amerika Serikat yang memiliki pangkalan di Filipina khususnya di Clark Air Force Base, memberikan dukungan kepada para pemberontak dan agen CIA dengan menyediakan pesawat tempur, persenjataan, dan logistik lainnya,” bunyi narator video dikutip pada Rabu 10 Januari 2024.

Tujuan dari dukungan ini adalah untuk melemahkan pemerintahan Indonesia. Presiden Soekarno merasa sangat marah setelah menyadari bahwa dirinya menjadi target pembunuh oleh para agen CIA.

Berita Lainnya:
Markas PKS Digeruduk Massa, Desak Anies Tetap Diusung Jadi Cagub Jakarta

Dalam buku biografi Soekarno yang berjudul “Penyambung Lidah Rakyat Indonesia” Soekarno mengungkapkan pendapatnya terkait situasi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Bayar UKT UIN Ar-Raniry Lebih Cepat Lebih Mudah Pakai Aplikasi Action Bank Aceh

“Menurut Soekarno, ia merasa bahwa jika CIA memang menargetkan dirinya, tidak ada alasan bagi mereka untuk melibatkan pilot-pilot pesawat tempur Permesta dan melakukan pembantaian terhadap warga sipil,” kata Soekarno.

Oleh karena itu, salah satu pesawat B-25 yang dikemudikan oleh agen CIA yakni Allan Pope, berhasil ditembak jatuh oleh pesawat tempur AURI/TNI AU.

Dalam situasi menegangkan tersebut, Allan Pope bersama dengan rekannya Pedro tidak menunjukkan wajah cemas saat sejumlah perwira dan prajurit KKO Republik Indonesia mengepung mereka.

“Allan Pope lalu ditangkap dan segera dihadapkan pada proses pengadilan. Pengadilan Republik Indonesia kemudian menjatuhkan vonis hukuman mati kepada Allan Pope dan hukuman penjara 15 tahun kepada Pedro,” bunyi narator video.

Pada saat itu, pemerintahan Amerika Serikat yang di bawah kepemimpinan John F Kennedy berusaha keras untuk mempengaruhi Soekarno agar membebaskan Allan Pope dari hukuman, dan segera mengirimkannya kembali ke Amerika Serikat.

Berita Lainnya:
Pansus Haji DPR Ditekan Sana Sini

Namun upaya gedung putih untuk melobi Soekarno menghadapi sejumlah kesulitan. Jaksa Agung Amerika Serikat yakni Robert Kennedy kemudian diutus ke Jakarta untuk bertemu dengan Soekarno.

“Isti Allan juga ikut diterbangkan secara khusus untuk bertemu Soekarno,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut Kennedy membawa surat Presiden Dwight D. Eisenhower yang intinya memohon kepada Soekarno untuk menggunakan kebijaksanaannya agar Allan Pope dibebaskan.

Namun, setelah istri Allan Pope diizinkan untuk bertemu Soekarno, wanita yang terlihat cantik tersebut menangis sambil memohon. Hingga pada akhirnya, ia pun berhasil meluluhkan hati Soekarno.

Dalam berbagai sumber buku yang mengisahkan tentang Soekarno, presiden pertama Indonesia itu terlihat sering kali memiliki kelemahan terhadap wanita cantik yang datang sambile merengek-rengek.

“Atas bujukan dari istri Allan Pope, Soekarno akhirnya memberikan grasi kepada mereka. Secara diam-diam, Soekarno memutuskan membebaskan agen CIA tersebut, dan secara rahasia mereka kemudian dipulangkan ke Amerika Serikat,” pungkasnya.***


Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ ۚ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [78] Listen
[Al-Khidh r] said, "This is parting between me and you. I will inform you of the interpretation of that about which you could not have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [78] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi