Terkait Migran Rohingya, Pj Bupati Mahdi: Kita Tampung Sementara

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ADVERTISEMENTS
ad13
image_pdfimage_print

MEULABOH – Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi, menegaskan jika penampungan migran Rohingya di Meulaboh, sifatnya hanya sementara. Dan itu juga menyahuti permintaan dari pihak Pemerintah Aceh yang menghendaki penanganan sementara migran itu di Aceh Barat.

ADVERTISEMENTS

“Ini benar benar atas dasar kemanusiaan dan kedaruratan, selain itu pihak propinsi juga meminta agar migran rohingya ditampung sementara di Aceh Barat, sebelum digeser ke lokasi lain yang disepakati,” kata Mahdi Efendi, Rabu (27/03/24).

Menurut Mahdi, sebagai sosok kepala daerah, tentu saja prioritas utamanya adalah melindungi dan mengayomi rakyatnya. Namun sekali lagi ia menyatakan, penampungan etnis Rohingya itu semata mata atas dasar kemanusiaan serta juga hukum internasional.

ADVERTISEMENTS

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan organisasi terkait yang menangani pengungsi atau migran antarnegara, dalam hal ini IOM dan UNHCR.

“Mereka telah hadir di Meulaboh, dan kini merekalah yang menangani logistik para migran Rohingya itu. Kita hanya memfasilitasi lokasi penampungan yang sifatnya juga sementara,” kata Mahdi.[]

Editor : Biro Meulaboh.

Exit mobile version