Selasa, 01/10/2024 - 14:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

5 Tren CRM Untuk Bisnis B2B di Tahun 2024

  • Portal swalayan (self-service portal) yang memungkinkan pelanggan untuk mencari informasi dan menyelesaikan masalah secara mandiri.
  • Teknologi berbasis cloud (penyimpanan awan) untuk membuat data dan aplikasi CRM mudah diakses dari mana saja dan kapan saja.

 

Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Saat ini bisnis makin berfokus pada pelanggan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelanggan cenderung akan kembali membeli produk/jasa kamu jika mereka mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik. Dalam hal pengalaman pelanggan, kemudahan adalah faktor paling penting. Karenanya, tren CRM yang berpotensi paling sukses adalah yang user-friendly alias mudah digunakan. Hal ini akan membuat data lebih mudah diakses dan dianalisis.

 

Personalisasi dan Interaksi Omnichannel

Sebuah hasil studi oleh Statista menekankan betapa pentingnya personalisasi dalam bisnis untuk meningkatkan engagement. 62% Konsumen global setuju bahwa loyalitas mereka terhadap sebuah brand akan hilang jika mereka mendapatkan pengalaman belanja yang tidak personal. Salah satu tren CRM yang dapat kamu manfaatkan untuk personalisasi adalah Omnichannel. Omnichannel merupakan strategi pemasaran dan penjualan yang menggabungkan seluruh saluran bisnis kamu, baik offline maupun online. Pelanggan sekarang suka berinteraksi melalui berbagai platform, seperti media sosial, email, chat, dan telepon. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, penting untuk dapat menghimpun semua informasi dan interaksi pelanggan dari berbagai platform tersebut agar bisa dilihat dan dikelola dalam satu tempat, yaitu Omnichannel.

Singkatnya, dengan mengintegrasikan semua saluran komunikasi pelanggan, kamu bisa lebih memahami mereka, membuat program pemasaran yang lebih efektif, dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan dan keuntungan perusahaan.

Kelima tren CRM yang dipaparkan di atas menandakan pergeseran fokus menuju personalisasi, efisiensi, dan pengalaman pelanggan yang lancar. Dengan mengadopsi tren-tren ini, bisnis B2B dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, meningkatkan retensi, dan mendorong pertumbuhan bisnis di tahun 2024 dan seterusnya. []

1 2

Reaksi & Komentar

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا الكهف [7] Listen
Indeed, We have made that which is on the earth adornment for it that We may test them [as to] which of them is best in deed. Al-Kahf ( The Cave ) [7] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi