Kamis, 19/09/2024 - 07:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Satu Pulau Dikabarkan Tenggelam Akibat Erupsi Gunung Raung, Ini Penjelasan Badan Geoloogi

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI mencatat aktivitas erupsi Gunung Raung yang masih terbilang tinggi hingga Jumat (3/5/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Dalam pengamatannya, masih terekam gempa letusan, gempa vulkanik dangkal, dalam dan gempa tektonik jauh, serta tremor menerus dengan energi yang relatif kecil. 

Tak hanya itu, pengamatan secara visual juga masih didapati asap kawah berwarna putih-kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi pada kisaran 100-300 meter dari puncak kawah Gunung Raung. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Lantas di tengah aktivitas erupsi Gunung Raung tersebar informasi yang menyatakan Pulau Tagulandang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara akan tenggelam. 

Berita Lainnya:
Misteri UFO di Langit Makassar yang Dilaporkan Pilot Indonesia, Apa Sebenarnya?

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI, Muhammad Wafid menyatakan informasi terkait akan tenggelamnya Pulau Tagulandang mencuat hingga menjadi konsumsi publik seiring rentetan erupsi Gunung Ruang sejak 17 April 2024. 

“Badan Geologi menegaskan bahwa informasi itu tidak benar atau bohong dan telah meresahkan masyarakat, khususnya penduduk di Pulau Tagulandang yang saat ini sedang menghadapi dampak bencana,” ungkapnya dilansir dari Antara, Jakarta, Sabtu (4/5/2024). 

Wafid mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dengan tak termakan isu-isu yang pertanggungjawabkan perlu dipertanyakan. 

Berita Lainnya:
Memahami Maksud SBY soal Negara Kacau Bila Banyak Matahari

Di sisi lain, pihaknya telah menyiapkan sarana informasi yang dapat diakses masyarakat untuk mengetahui kabar seputar perkembangan aktivitas Gunung Ruang.  

Sarana itu mulai dari informasi digital melalui aplikasi MAGMA Indonesia, dan laman internet PVMBG.

 “Termasuk juga telah menyiagakan para petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Sitaro dan petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung, Jawa Barat untuk melayani kebutuhan informasi kepada masyarakat,” katanya


Reaksi & Komentar

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ۚ ذَٰلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [82] Listen
And as for the wall, it belonged to two orphan boys in the city, and there was beneath it a treasure for them, and their father had been righteous. So your Lord intended that they reach maturity and extract their treasure, as a mercy from your Lord. And I did it not of my own accord. That is the interpretation of that about which you could not have patience." Al-Kahf ( The Cave ) [82] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi