Sabtu, 06/07/2024 - 13:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Anda Wajib Tahu! Tiga Waktu Tidur yang Dibenci Para Ulama

Tidur tengkurap (ilustrasi). Tidur tengkurap ternyata dapat membahayakan kesehatan.

Tidur merupakan momentum manusia untuk beristirahat dan memulihkan kondisi fisiknya setelah beraktivitas penuh pada pagi hingga sore hari. Allah SWT pun menciptakan malam sebagai waktu terbaik untuk tidur. 

Di dalam Islam, ada waktu-waktu yang dianjurkan para ulama bagi kita untuk tidak tidur. Syamsinar dalam Pola Tidur dalam  Alquran menjelaskan tiga hal tersebut.

1.Tidur sebelum melaksanakan shalat isya’

Anjuran ini bersifat antisipasif. Apabila tidur sebelum melaksanakan shalat isya’ dikhawatirkan akan kebablasan, sehingga tidak menjalankan kewajiban shalat maka akan mendapatkan dosa besar. Selain anjuran untuk tetap melaksanakan shalat isya’ terlebih dahulu sebaiknya jangan terbiasa tidur terlalu malam, karena hal itu akan mengganggu kesehatan, daya tahan tubuh menjadi lemah, dan mengganggu keseimbangan sel-sel tubuh. Sebagaimana dalam hadis Nabi yang berbunyi:

Berita Lainnya:
Telusur Sejarah, Kaitan Habib Yaman dengan Wali Songo

 

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salam berkata, telah mengabarkan kepada kami ‘Abdul Wahhab Ats Tsaqafi berkata, telah menceritakan kepada kami Khalid Al Hadza’ dari Abu Al Minhal dari Abu Barzah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak suka tidur sebelum shalat ‘Isya dan berbincang-bincang setelahnya. “(HR.B ukhari).

Al-Hafiz Ibnu Hajar berkata, dibencinya tidur sebelum Isya karena dapat melalaikan pelakunya dari shalat isya’ hingga keluar waktunya. Adapun bercakap-cakap setelahnya yang tidak ada manfaatnya dapat menyebabkan tidur hingga shalat Subuh dan luput dari shalat malam. apabila, percakapann itu mengandung manfaat tentu saja tidak ada larangan melakukannya.

Berita Lainnya:
Anak dan Remaja Kurang Tidur? Waspada Risiko Hipertensi

Para ulama dari kalangan sahabat Nabi Saw, tabi’in dan orang-orang setelah mereka berselisih tentang hukum berbincang-bincang setelah shalat isya akhir, sebagian mereka memakruhkan perbincangan setelah shalat isya sedangkan sebagian yang lain memberi keringanan jika hal itu masih dalam koridor ilmu, hal yang bermanfaat atau keperluan yang penting dan kebanyakan hadits memberikan keringanan tersebut.

2.Tidur setelah Subuh..

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

كِلْتَا الْجَنَّتَيْنِ آتَتْ أُكُلَهَا وَلَمْ تَظْلِم مِّنْهُ شَيْئًا ۚ وَفَجَّرْنَا خِلَالَهُمَا نَهَرًا الكهف [33] Listen
Each of the two gardens produced its fruit and did not fall short thereof in anything. And We caused to gush forth within them a river. Al-Kahf ( The Cave ) [33] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi