Kamis, 04/07/2024 - 02:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ditantang Tes DNA, Bagaimana Metode Pencatatan Nasab Keturunan Nabi di Indonesia?

Rabithah Alawiyah menggelar acara halal bi halal menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H

JAKARTA — Polemik antara nasab habaib  Pendiri Pondok Pesantren Tajul Alawiyin Bogor Habib Bahar bin Smith dengan Rhoma Irama kembali bergulir. Habib Bahar mengecam Rhoma Irama yang menceritakan pengalamannya ceramah bersama seorang habib. Di mana, menurut Rhoma Irama, habib itu menyampaikan tidak mengapa ada habib yang maksiat karena kemuliaan nasab atau keturunannya yang bersambung ke Rasulullah.

Terkait hal itu, Habib Bahar meminta Rhoma Irama untuk tidak membuat fitnah. Saat berbicara di depan masyarakat, Habib Bahar mengajak para jamaahnya untuk tidak percaya dengan pernyataan Rhoma Irama.

Dalam video podcastnya, Rhoma Irama juga mengaku setuju perlu diadakan tes DNA kepada kelompok Ba’awali untuk membuktikan mereka benar-benar keturunan Nabi Muhammad. Sayangnya, ujar Rhoma, sekelompok habaib menolak ide tes itu. Terlepas dari polemik kedua tokoh tersebut, bagaimana sebenarnya pencatatan nasab alawiyyin bermula? 

Berita Lainnya:
Rhoma Irama, Tes DNA, dan Penentuan Nasab dalam Islam

Sejarah pencatatan nasab alawiyyin telah dimulai oleh Syekh Ali bin Abubakar Al-Sakran pada abad ke-15 Masehi. Pencatatan nasab alawiyyin juga dilakukan Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad dengan bantuan pendanaan dari raja-raja India. Beliau memerintahkan untuk melakukan pencatatan alawiyyin di Hadramaut pada abad ke-17 masehi.

 

Pada akhir abad ke-18, Sayyid Ali bin Syekh bin Muhammad bin Ali bin Shihab juga melakukan pencatatan alawiyyin. Sehingga terkompilasi dalam buku nasab sebanyak 18 jilid. Pencatatan nasab paling akhir dilakukan oleh mufti Hadramaut, Habib Abdurrahman bin Muhammad Al-Masyhur pada akhir abad ke-19 masehi. Kemudian, dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Sayyid Ali bin Abdurrahman Al-Masyhur. Hasilnya terkumpul dalam tujuh buku nasab dari Hadramaut.

Berita Lainnya:
Sebelum Rhoma Irama, Ini Deretan Kontroversi yang Libatkan Bahar bin Smith

Ketika Habib Alwi bin Thahir Al-Haddad mendirikan Rabithah Alawiyah, beliau berinisiatif untuk melakukan pencatatan alawiyyin yang ada di Indonesia. Kemudian, Rabithah Alawiyah resmi membentuk Maktab Daimi pada 10 Maret 1932. Maktab Daimi merupakan lembaga otonom yang mempunyai tugas memelihara sejarah dan silsilah keturunan Nabi Muhammad SAW.

Tujuan Maktab Daimi dibentuk untuk mencatat sejarah dan silsilah alawiyyin yang tersebar di Indonesia. Sehingga, sejarah dan silsilah alawiyyin tetap lestari dan terjaga. Maktab Daimi sendiri mempunyai metode untuk mengetahui nasab seseorang. Apakah orang tersebut masih garis keturunan Nabi Muhammad SAW atau bukan.

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَيِّمًا لِّيُنذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِّن لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا الكهف [2] Listen
[He has made it] straight, to warn of severe punishment from Him and to give good tidings to the believers who do righteous deeds that they will have a good reward Al-Kahf ( The Cave ) [2] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi