Kamis, 04/07/2024 - 01:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Skotlandia Buka Peluang Lolos ke 16 Besar Euro, Tahan Imbang Swiss Lewat Performa Impresif

 COLOGNE — Format Euro 2024 yang memungkinkan empat tim peringkat ketiga untuk melaju sering dikritik, tetapi Skotlandia dan Swiss akan bersyukur dengan opsi tersebut setelah imbang 1-1 pada Kamis (20/6/2024) dini hari WIB. Hasil yang membuat kedua tim tetap berada dalam perburuan menuju pertandingan terakhir grup mereka.

Swiss, yang mengalahkan Hungaria di pertandingan pembuka mereka, hampir pasti ke 16 besar lolos dengan empat poin, minimal sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Andai kalah melawan Jerman pun, koleksi empat poin akan cukup selama menjaga selisih gol tak terlalu besar.

Skotlandia, yang tidak pernah lolos dari fase grup dalam 11 kejuaraan besar sebelumnya, kini memiliki kesempatan untuk mengakhiri rekor buruk jika bisa menaklukkan Hungaria, yang belum mendapatkan poin setelah dikalahkan Jerman 0-2 pada laga kick-off lebih awal.

Hungaria, setelah menderita dua kekalahan, masih dapat merebut satu tempat sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Namun, ini harus bergantung kepada hasil dari grup-grup lain.

 

Kegagalan Skotlandia berulang kali di panggung besar hampir tidak dapat dipercaya dari delapan kiprah di Piala Dunia dan kini empat kali di Euro, Tartan Army hanya mampu meraih enam kemenangan dari 34 pertandingan. Satu-satunya kemenangan mereka di Euro adalah saat melawan CIS (Rusia) pada tahun 1992 dan Swiss pada 1996.

Berita Lainnya:
Alasan Dhony Mundur dari Wakil Ketua IKN: Tanggung Jawab, Belum Bisa Berbuat Banyak

Mereka mungkin menganggap diri mereka kurang beruntung untuk tidak berhasil meraih tiga poin di Cologne, setelah unggul lebih dulu melalui tendangan Scott McTominay yang terdefleksi oleh Fabian Schar untuk menaklukkan kiper Yann Sommer.

Namun, Swiss layak mendapatkan gol penyeimbang jarak jauh spektakuler dari Xherdan Shaqiri. Ia memanfaatkan umpan lambung dari Anthony Ralston di menit ke-26 untuk menyamakan kedudukan dengan tendangan kaki kiri ke pojok atas gawang dan melewati penjaga gawang Skotlandia, Angus Gunn.

Namun Skotlandia menunjukkan komitmen yang luar biasa, dengan percobaan membentur tiang gawang dan tendangan lain yang masih dapat dihalau dalam serangkaian serangan berbahay pada menit-menit akhir.

Fans fanatik

Para penggemar mereka yang luar biasa menyemangati mereka di garis gawang, mengakui upaya mereka, meskipun teknik mereka masih di bawah beberapa tim yang lebih besar di turnamen ini.

Begitu terbiasa dengan kegagalan yang gagah berani, para penggemar tampaknya membutuhkan waktu beberapa saat untuk menyadari bahwa tim mereka yang mendorong untuk menjadi pemenang, namun pada akhirnya mereka melakukannya dengan penuh semangat.

Pasukan Tartan akan berbaris di Stuttgart pada hari Minggu, dengan lagu tema “No Scotland, no Party” yang dinyanyikan untuk pertama kalinya dengan lebih percaya diri daripada berharap mereka tidak akan menjadi yang pertama meninggalkannya.

Berita Lainnya:
Euro 2024, Penebusan Jerman di Rumah Sendiri

“Tadi sangat menyenangkan, saya sangat senang dengan penampilan kami,” ujar kapten Andy Robinson. “Kami mungkin dapat mencetak satu gol lagi dan mereka akan mengatakan hal yang sama, jadi kami akan membawa hasil imbang ini ke pertandingan terakhir.”

Swiss terlihat tidak yakin apakah mereka akan bertahan atau berubah. Empat poin setelah dua pertandingan adalah hasil yang bagus, dan hampir pasti cukup untuk melaju. Kekalahan atas Jerman, bagaimanapun juga, dikombinasikan dengan kemenangan Skotlandia, dapat membuat mereka lolos ke tempat ketiga dan masuk ke pertandingan babak 16 besar yang sulit melawan juara grup.

Swiss telah berkembang menjadi peserta turnamen yang cerdik. Mereka mencapai perempat final Euro 2020 dan babak 16 besar pada tahun 2016, dan lolos dari grup mereka dalam empat dari lima Piala Dunia terakhir.

Kedua pelatih berpelukan dengan hangat di akhir pertandingan, kedua pendukung menunjukkan apresiasi mereka, dan para pemain kini akan bersiap untuk pertandingan final yang besar untuk tiket 16 besar.

sumber : Reuters

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَىٰ مَا لَمْ تُحِطْ بِهِ خُبْرًا الكهف [68] Listen
And how can you have patience for what you do not encompass in knowledge?" Al-Kahf ( The Cave ) [68] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi