Kamis, 04/07/2024 - 21:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Keajaiban Para Ulama yang Bermimpi Bertemu Rasulullah

Umat muslim mengunjungi Pemakaman Baqi, Kota Madinah, Sabtu (8/6/2024). Jamaah yang datang ke komplek pemakaman keluarga Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam tersebut diizinkan untuk berziarah dengan cara melintasi dan dilarang untuk berhenti. Di komplek Pemakaman Baqi dikebumikan sejumlah keluarga Rasulullah dan para sahabat. Di antaranya Sayyidah Aisyah, Fatimah, Ali bin Abu Thalib, dan sahabat mulia Utsman bin Affan.

Bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW merupakan nikmat yang tak terhingga. Para generasi salaf, dari sahabat dan tabiin, serta ulama, merupakan golongan yang kerap mendapatkan nikmat itu.

Sahabat Anas bin Malik, misalnya, mengaku hampir tiap ma lam mimpi bertemu Rasulullah. Imam Ja luluddin as-Suyuthi, pengarang kitab tafsir al-Jalalain, bahkan mengaku melihat Rasulullah tidak hanya dalam mimpi, tetapi juga dalam kondisi sadar. Pertemuannya dengan Rasulullah di dunia nyata (di luar tidur) terhitung lebih dari 70 kali.

Berita Lainnya:
Ngaku Keturunan, Ternyata Habib Bahar Belum Pernah Mimpi Bertemu Rasulullah: Karena Rokok...

Rentang waktu yang mencapai 14 abad lamanya dengan Rasulullah, bagi sebagian besar umatnya, adalah hijab terwujudnya pertemuan dengan sang Rasul junjungan itu. Bertemu Rasul di mimpi merupakan jaminan kepastian, maknanya, sosok Rasul dalam mimpi tersebut adalah riil, Muhammad SAW yang sebenarnya. Setan tak akan mampu menyerupai figur Muhammad SAW.

 

Karya tokoh kontomporer Sayid Wail Muhammad Abu Abiyyah al-Hasani (Habib al-Kull), Alladzina Ra’au Rasulullah wa Kallamuhu, menjadi entri satu-satu nya kitab yang mengumpulkan fakta-fakta sejarah yang menegaskan terjadinya dialog para ulama dan orang saleh dengan Rasulullah SAW dalam mimpi mereka. Mereka berasal dari kalangan sahabat, tabiin, mau pun tokoh-tokoh terkemuka yang hidup setelah masa kedua generasi itu.

Berita Lainnya:
Sebelum Wukuf, Renungkan Lagi Keadaan di Padang Mahsyar

Habib al-Kull menyebut kitabnya ini layaknya sebuah ensiklopedi mini seputar mimpi Rasulullah, yang tidak hanya memuat fakta-fakta peristiwa tersebut, tetapi juga teks-teks keagamaan dari Alquran dan hadis perihal apa dan bagaimana bermimpi dengan Baginda Rasul, termasuk larangan berdusta dan klaim bermimpi bertemu Rasul. Pada setiap peristiwa pertemuan tokoh yang dia sebutkan, Habib al-Kull menyertakan referensi yang memudahkan pembaca merujuk asal nukilan.

 

sumber : Pusat Data Republika

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَأَمَّا مَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُ جَزَاءً الْحُسْنَىٰ ۖ وَسَنَقُولُ لَهُ مِنْ أَمْرِنَا يُسْرًا الكهف [88] Listen
But as for one who believes and does righteousness, he will have a reward of Paradise, and we will speak to him from our command with ease." Al-Kahf ( The Cave ) [88] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi