Sabtu, 06/07/2024 - 09:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Tren Rupiah Melemah, Dirut Garuda: Harus Kerja Lebih Keras

JAKARTA — Mata uang rupiah terus menunjukkan tren pemelahan. Sejumlah pihak diminta bereaksi agar hal itu tidak membawa efek negatif bagi perekonomian Indonesia.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra menyebut, keadaan demikian selalu menjadi kondisi yang menantang. Pihaknya pun sudah terbiasa menghadapi kenaikan dolar AS yang diikuti pelemahan rupiah.

Baca: Dubes Denmark Kunjungi Galangan PT PAL Indonesia

“Tapi kita udah bertahun-tahun kan mengelola itu dengan baik. Terus selesai,” kata Irfan saat ditemui di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2024) petang WIB.

 

Irfan mengakui, tentu ada dampak terhadap kinerja perseroan. Namun, hal itu harus dihadapi. Tak bisa dihindari. “Karena kita nggak perlu komplain kan. Tapi kita berarti harus kerja lebih keras, mungkin ada slip sana-sini, tapi itu bagian dari bisnis,” ujar Irfan.

Berita Lainnya:
Tahun 2023, Pertamina Berkontribusi Rp 426 Triliun pada Penerimaan Negara

Baca: PT PAL Tawarkan Kapal Rumah Sakit ke AL Filipina

Menurut dia, melemahnya nilai tukar rupiah membuat nilai beban usaha membengkak dan menekan pendapatan perusahaan. Hal itu menjadi sesuatu yang perlu dikelola dengan cara terbaik.

“Ini kalau exchange rate ini kursnya melemah terus kan, babak belur. Kita kan income-nya banyak rupiah. Anda kan enggak saya tagih dolar kan naik pesawat?” ujar Irfan memberi ilustrasi.

Selain exchange rate, lanjut Irfan, terdapat komponen lain yang turut menekan pendapatan industri maskapai penerbangan. Itu adalah bahan bakar avtur yang juga mengalami peningkatan. Oleh karena itu, ia berharap, kebijakan tarif batas atas (TBA) untuk harga tiket pesawat dapat disesuaikan.

Berita Lainnya:
Tak Mau Beralasan, Bos Garuda Minta Maaf Banyak Delay saat Penerbangan Haji

Baca: TNI Siapkan Pesawat Boeing-737 400/500 Angkut 1.000 Pasien Asal Gaza

Pasalnya, terakhir kali Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperbarui TBA pada saat nilai tukar rupiah berada di level Rp 13.000 per dolar AS. Padahal, sekarang nilai satu dolar AS sudah lebih Rp 16 ribu. “Kalau TBA kita minta direvisi ya. Asal ingat TBA itu di terakhir itu berbasis dolarnya Rp 13.000 ya,” ujar Irfan.

Pada Jumat (21/6/2024) sore WIB, rupiah ditutup pada level Rp 16.450 per dolar AS. Angka itu menjadi level terburuk sejak Maret 2020. Perdangan rupiah pekan ini hanya berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tangga 19,20,21 Juni 2024. Pada 17 dan 18 Juni 2024, ada libur Hari Raya Idul Adha.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلًا رَّجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا الكهف [32] Listen
And present to them an example of two men: We granted to one of them two gardens of grapevines, and We bordered them with palm trees and placed between them [fields of] crops. Al-Kahf ( The Cave ) [32] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi