Sabtu, 06/07/2024 - 13:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Sebanyak 115 UMK Pamerkan Produk Unggulan di Bazar Herb Euphoria Fest

 JAKARTA— Sebanyak 115 UMK binaan dari lima BUMN berpartisipasi di Bazar Herb Euphoria Fest. Event ini bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) di Indonesia.

Kelima BUMN tersebut yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Bank Mandiri, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani, dan Perum Perhutani.

“Dalam upaya mendukung UMK, kami menyadari pentingnya kolaborasi antara BUMN dan berbagai pihak. Bazar ini adalah bentuk komitmen kami mendorong gaya hidup sehat serta memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia,” ujar Direktur Sumberdaya Manusia dan Umum PT Pelindo, Ihsanuddin Usman, Senin (24/6/2024) dalam keterangannya.

Dia mengatakan, mereka menampilkan produk-produk unggulan dengan konsep herbal dan alami, seperti makanan dan minuman, fashion dan kerajinan tangan ramah lingkungan, perawatan kesehatan dan kecantikan, serta bumbu dan rempah-rempah.

 

Bazar Herb Euphoria Fest diselenggarakan di Jakarta pada 20-23 Juni 2024 (Ground Floor Sarinah), dan di Bali pada 27-30 Juni 2024, di Living World Denpasar.

Berita Lainnya:
Rumah Impian Menanti di BRI REI Expo Manado 2024

“Pelindo sendiri memfasilitasi 43 UMK binaan. Kami berharap, dengan berpartisipasi di Bazar Herb Euphoria Fest, mereka dapat memperluas akses pasar,” tambah Ihsanuddin.

Selain pameran, Bazar Herb Euphoria Fest menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti workshop Racik Jamu Khas Nusantara, game interaktif, konsultasi bisnis, dan pertunjukan musik dari artis-artis terkenal.

Selama tiga hari pameran, volume transaksi mencapai Rp. 145 juta, dengan jumlah pemesanan (PO) sebanyak 1.218 PO. Volume tertinggi diraih UMK Batik Kebon Indah.

Frekuensi transaksi terbanyak ditoreh Kelompok Tani Jeruk Lemon Gumelar Sejahtera. Kedua UMK tersebut merupakan binaan Adhi Karya. Sementara itu, UMK Kuntoem binaan Pelindo didapuk sebagai UMK Favorit.

“Bazar ini menegaskan peran konkret BUMN dalam upaya mendorong UMK naik kelas dan mempromosikan gaya hidup sehat. Melalui acara ini, UMK semakin dikenal masyarakat luas dan mampu bersaing di pasar yang lebih besar,” kata Ihsanuddin.

Berita Lainnya:
Pertamina Kelola Energi Penuhi Kebutuhan Konsumen di Seluruh Negeri

Sementara itu, Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny dalam sesi Penutupan Bazaar Ahad, 23 Juni 2024 menjelaskan, upaya peningkatan ekonomi melalui penguatan UMK menjadi fokus utama manajemen Pelindo, yang diimplementasikan melalui program TJSL.

Dia menjelaskan UMK merupakan salah satu pilar utama dalam memperkuat fondasi ekonomi. Oleh karena itu, Pelindo dan berbagai pihak terkait bekerja sama memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan dalam pembinaan, pemasaran, dan pengembangan UMK baik melalui pelatihan, pameran maupun display pemasaran di Local Pride Spot.

Sejak 2021, implementasi pelaksanaan program TJSL Pelindo difokuskan pada tiga bidang prioritas yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

Terkhusus Pengembangan UMK Pelindo telah membuat Program khusus untuk mendorong UMK Ekspor melalui Program Gedor Ekspor.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَ مِن دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَّقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا الكهف [14] Listen
And We made firm their hearts when they stood up and said, "Our Lord is the Lord of the heavens and the earth. Never will we invoke besides Him any deity. We would have certainly spoken, then, an excessive transgression. Al-Kahf ( The Cave ) [14] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi