Sabtu, 06/07/2024 - 13:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Tips Jitu Bangun Startup dari Nusa Mandiri StraUp Center (NSC)

JAKARTA — Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sebagai lembaga yang membina perkembangan dan pembuatan startup di Universitas Nusa Mandiri (UNM), memberikan tips dalam membangun startup. NSC memberikan dukungan kepada mahasiswa UNM yang ingin punya startup sendiri dengan mengadakan berbagai program pembinaan dan bimbingan.

Siti Nurlela, kepala NSC mengatakan bahwa lembaga ini sebagai wadah pembinaan mahasiswa yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan kewirausahaan, membantu mahasiswa UNM dalam merintis dan mengembangkan bisnis startup yang sukses.

“NSC fokus pada pembinaan mahasiswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia bisnis dengan berbagai tips praktis untuk membangun startup. NSC memberikan sejumlah tips berharga bagi para mahasiswa yang ingin memulai dan membangun bisnis startup mereka,” ungkap Siti, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/6/2024).

Berikut adalah beberapa tips dari Siti Nurlela, selaku Kepala NSC dalam membangun sebuah startup:

 

1. Identifikasi ide bisnis

Temukan ide bisnis yang inovatif atau solutif untuk masalah yang ada di pasar. Carilah peluang di bidang yang kamu minati atau memiliki keahlian.

Berita Lainnya:
Nusa Mandiri Innovation Center akan Gelar Workshop Class Innovation

2. Riset pasar

Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi calon pelanggan. Identifikasi target pasar, pesaing, dan potensi pertumbuhannya.

3. Buat rencana bisnis

Susun rencana bisnis yang mencakup visi, misi, model bisnis, strategi pemasaran, dan sumber daya yang dibutuhkan.

4. Bentuk tim yang kompeten

Cari dan rekrut anggota tim yang tepat dan memiliki keahlian yang relevan dengan kebutuhan bisnis startup kamu. Pastikan tim kamu memiliki keterampilan yang beragam untuk mencakup aspek teknologi, desain, pemasaran dan manajemen.

5. Validasi produk atau layanan

Lakukan pengujian awal untuk menguji dan validasi produk atau layanan kamu. Dapatkan feedback dari calon pelanggan dan gunakan hasilnya sebagai bahan evaluasi atau perbaikan.

6. Lengkapi legalitas usaha

Mulai dari perizinan usaha, pendaftaran merek dagang, pajak, pembuatan rekening bank khusus bisnis, hingga kontrak dengan pelanggan atau mitra bisnis.

Berita Lainnya:
Prodi S1 Pariwisata Unisa Bandung Tekankan Pentingnya Inovasi Pengajaran

7. Sumber dana

Bisnis startup rata-rata memerlukan modal yang cukup besar, bahkan beberapa startup ada yang tidak mencatat keuntungan selama bertahun-tahun. Untuk itu cari sumber pendanaan untuk mendukung pertumbuhan bisnis startup kamu. Bisa cari investor atau ikut kompetisi.

8. Bangun produk atau layanan

Mulailah mengembangkan produk atau layanan kamu secara lebih komprehensif. Pastikan untuk terus beradaptasi dengan umpan balik pasar dan menghadirkan nilai yang unik. Disarankan untuk membangun produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat, yang berarti masyarakat akan mencari produk kamu.

9. Merilis produk

Ketika produk atau layanan kamu sudah cukup matang, lakukan perilisan resmi. Buat strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai target audiens kamu. Dengan bimbingan dan dukungan dari NSC, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai Kampus Digital Bisnis, memiliki peluang yang baik untuk membangun dan mengembangkan startup mereka dengan sukses.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَلَمْ تَكُن لَّهُ فِئَةٌ يَنصُرُونَهُ مِن دُونِ اللَّهِ وَمَا كَانَ مُنتَصِرًا الكهف [43] Listen
And there was for him no company to aid him other than Allah, nor could he defend himself. Al-Kahf ( The Cave ) [43] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi