Senin, 01/07/2024 - 23:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Bagaimana India berubah dari Pembela Palestina ke Pendukung Israel

Hubungan India-Israel kemudian meroket sejak Perdana Menteri India Narendra Modi naik tampuk pada 2014. Narendra Modi yang basis dukungannya adalah kelompok nasionalis Hindu tak lagi mempertimbangkan perasaan Muslim India seperti para pendahulunya. Selain itu, di masa datang Modi terbukti punya rencana terhadap wilayah Jammu-Kashmir yang masuk bagian India. ia mencabut otonomi khusus daerah itu pada 2019 dan menerapkan darurat militer sejak itu.

Ketika Narendra Modi menjadi perdana menteri pada 2014, dia memberikan sentuhan pribadi pada hubungan India-Israel. Bahkan pada 2006, sebagai Ketua Menteri Gujarat, Modi mengunjungi Israel untuk mengikuti pameran Agritech dan memberikan pujian kepada masyarakat dan negara Yahudi.

Secara kebijakan umum, Modi, mempertahankan sikap awal India atas negara Palestina yang merdeka dan berdaulat. Namun, hubungan New Delhi dengan Israel juga mencapai tingkat yang baru. Modi menjadi perdana menteri India pertama yang mengunjungi Israel pada 4 Juli 2017.

Berita Lainnya:
Isi Opini Prabowo di Media AS: Teruskan Program Jokowi, Tapi Tak Singgung IKN

India juga tidak bersikap keras terhadap Israel di forum internasional. Hal ini terlihat ketika New Delhi abstain dalam pemungutan suara di Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang menyetujui laporan Komisi Penyelidikan Gaza pada Juli 2015. Empat puluh satu negara memilih untuk mengadopsi temuan laporan tersebut, dan India adalah salah satu dari lima negara yang abstain.

Pada 2021, India berpartisipasi dalam debat Dewan Keamanan PBB tentang bentrokan antara Israel dan Hamas.

Berita Lainnya:
Sejumlah Jalan Tol Mulai Dijuali ke Swasta

TS Tirumurti, wakil tetap India untuk PBB saat itu, menegaskan kembali komitmen India yang “tak tergoyahkan” terhadap solusi dua negara. Namun, ia juga “mengutuk” penembakan roket “sembarangan” dari Gaza dan menyebut serangan Israel bersifat “balas dendam” dan bukan tindakan agresi.

Saat Operasi Badai al-Aqsa dilancarkan pejuang Palestina dan kemudian dibalas dengan brutal oleh Israel, Modi menegaskan sikapnya.

“Rakyat India berdiri teguh bersama Israel di masa sulit ini. India dengan tegas dan tegas mengutuk terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya,” kata PM Modi dalam postingan media sosial yang mengutuk serangan tersebut.

Sumber: Republika

1 2 3

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَطْلِعَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَطْلُعُ عَلَىٰ قَوْمٍ لَّمْ نَجْعَل لَّهُم مِّن دُونِهَا سِتْرًا الكهف [90] Listen
Until, when he came to the rising of the sun, he found it rising on a people for whom We had not made against it any shield. Al-Kahf ( The Cave ) [90] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi