Sabtu, 06/07/2024 - 11:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Peran Penting Sistem Informasi Dalam Dunia Bisnis

JAKARTA — Sistem informasi mempunyai peran sangat penting pada sektor bisnis modern, organisasi dan komunitas. Sistem informasi memungkinkan aktivitas pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan penyebaran informasi yang efisien dan efektif pada sebuah perusahaan. 

Hal ini penting untuk mendukung kegiatan pengambilan keputusan, komunikasi dan penyelesaian masalah dalam manajemen.

Mengapa implementasi sistem informasi yang didukung teknologi terkini sangat berpegaruh pada perkembangan dunia bisnis? Menurut Kenneth Laudon dalam bukunya yang berjudul “Management Information System: Managing the Digital Firms”, implementasi sistem informasi yang didukung oleh perkembangan teknologi informasi sangat berdampak pada keberhasilan bisnis suatu perusahaan.

Dalam bukunya itu, Laudon berpendapat bahwa terdapat tiga faktor perkembangan teknologi yang sangat berkorelasi satu dengan yang lain, yaitu: perkembangan platform digital mobile, pertumbuhan layanan perangkat lunak secara online dan pertumbuhan layanan komputasi awan (cloud computing) yang sangat pesat.

 

Penggunaan perangkat mobile seperti smartphone memungkinkan seseorang untuk mengakses informasi tanpa ada batasan ruang dan waktu. Internet memudahkan kita mengakses, tidak hanya informasi, juga menggunakan berbagai aplikasi secara online dari segala sumber. Ketersediaan layanan cloud computing menjadi pilihan yang efisien dalam kegiatan pengolahan informasi bagi sebuah perusahaan.

Berita Lainnya:
Ini Strategi yang Dibagikan Disdik DKI Jakarta Agar Anak Lolos PPDB

Lalu hal penting apa sajakah yang dapat diberikan sistem informasi bagi sebuah organisasi atau perusahaan?

1. Peningkatan proses pengambilan keputusan

Sistem informasi menyediakan aplikasi dan informasi yang akurat, sesuai dengan keperluan dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan dan meningkatkan kinerja manajemen.

2. Peningkatan kualitas komunikasi

Sistem informasi mendukung komunikasi antar pimpinan dan staf perusahaan, pelanggan, pemasok dalam pertukaran informasi dan kolaborasi di antara mereka.

3. Pengelolaan data yang lebih baik

Sistem informasi dapat mengelola data berukuran besar, mengolahnya dan menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

4. Peningkatan layanan pelanggan

Bagi sebuah perusahaan, menjadi hal yang sangat penting jika para pelanggan mereka mudah dalam memperoleh informasi produk, mendapatkan informasi penting dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Peningkatan efisiensi dan penghematan biaya

Kegiatan yang bersifat rutin dapat dibuat terotomasi oleh sistem informasi, sehingga para staf perusahaan dapat lebih fokus pada kegiatan yang bersifat stratejik. Proses pengolahan informasi pun dapat dilakukan secara paperless sehingga mengurangi biaya.

Berita Lainnya:
Teliti Keterampilan Bahasa Inggris Mahasiswa, Dosen FAI UMJ Raih Gelar Doktor Lingustik

6. Peningkatan keamanan

Penggunaan sistem informasi hanya dapat dilakukan dengan mekanisme otentikasi user untuk menghindari penyalahgunaan. Mekanisme enkripsi data pun diterapkan untuk melindungi informasi dari kejahatan siber.

7. Analisa data

Sistem informasi memungkinkan organisasi untuk menganalisa data dan mengidentifikasi pola data, kecenderungan data, hal-hal yang baru, yang akan mendukung dalam pengambilan keputusan yang strategis.

Kesimpulannya adalah bahwa sistem informasi sangat penting bagi sebuah organisasi untuk dapat menjalankan kegiatannya secara efisien, efektif dan memiliki keunggulan kompetitif dalam pembuatan keputusan serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Di Cyber University, khususnya program studi Sistem Informasi, menjadi System Information Planner adalah salah satu profil lulusan yang akan dapat memanfaatkan berbagai keunggulan sistem informasi tersebut diatas di dalam mengimplementasikan sistem informasi guna menigkatkan keberhasilan bisnis di sebuah perusahaan.

Penulis: Dwipo Setyantoro, S.Kom, MMSI, Ketua Program Studi Sistem Informasi S1 Cyber University

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا الكهف [65] Listen
And they found a servant from among Our servants to whom we had given mercy from us and had taught him from Us a [certain] knowledge. Al-Kahf ( The Cave ) [65] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi