Rabu, 03/07/2024 - 21:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Keren! FK USU dan DD Waspada Gelar Pengabdian Masyarakat di Langkat

MEDAN – Program Studi Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Waspada menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian di Dusun XIII Parit Dondong, Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Acara yang digelar pada Selasa, 25 Juni 2024 ini dihadiri oleh Kepala Desa Secanggang Tengku Syaiful Anhar, Kepala Dusun 13 Parit Dondong, Juar, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Ikhwan, dan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada yang diwakili oleh Manager Dompet Dhuafa Waspada, Hajrul Azhari.

Selain itu, turut hadir Tim Kesehatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran USU, Tim Kesehatan Desa Secanggang, dan para peserta undangan lainnya.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Ikhwan menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai deteksi dini dan pencegahan kanker payudara, kanker leher rahim, serta penyakit menular seksual.

Berita Lainnya:
Dosen UMM Soroti Pembangunan IKN Munculkan Peluang Peningkatan Ekonomi

Selain itu, acara ini juga fokus pada peningkatan pengetahuan gizi bagi anak-anak. Dimana sasaran utama kegiatan ini adalah wanita usia subur (20-45 tahun) dan anak-anak usia sekolah (kelas III-VI SD).

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya deteksi dini penyakit dan pentingnya pola makan sehat sejak dini,” kata Ikhwan.

Ia mengatakan, bahwa peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya kaum perempuan, sangat diperlukan untuk mengenali dan mendeteksi secara dini kanker payudara dan penyakit menular seksual.

Disamping itu, untuk mencapai Indonesia Emas 2045 perlu diperhatikan kecukupan gizi anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Anak-anak juga perlu dibekali dengan pengetahuan tentang gizi yang baik agar perilaku hidup bersih dan sehat tertanam dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Lainnya:
Integrasi AI dalam Pengembangan Perangkat Lunak untuk Transformasi Digital

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan.

Manager Dompet Dhuafa Waspada, Hajrul Azhari menyampaikan apresiasi serta mendukung acara itu. “Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini karena kesehatan adalah investasi jangka panjang yang sangat penting,” ucapnya.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan gizi dapat meningkat, serta mampu membawa perubahan positif dalam pola hidup sehari-hari.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga menumbuhkan harapan dan semangat untuk hidup sehat bagi seluruh masyarakat Desa Secanggang.[]


Reaksi & Komentar

وَرَبُّكَ الْغَفُورُ ذُو الرَّحْمَةِ ۖ لَوْ يُؤَاخِذُهُم بِمَا كَسَبُوا لَعَجَّلَ لَهُمُ الْعَذَابَ ۚ بَل لَّهُم مَّوْعِدٌ لَّن يَجِدُوا مِن دُونِهِ مَوْئِلًا الكهف [58] Listen
And your Lord is the Forgiving, full of mercy. If He were to impose blame upon them for what they earned, He would have hastened for them the punishment. Rather, for them is an appointment from which they will never find an escape. Al-Kahf ( The Cave ) [58] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi