Selasa, 02/07/2024 - 19:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Hadiri Seminar Kebangsaan, Profesor Mujiburrahman Soroti Sosok Pemimpin Ideal untuk Aceh

BANDA ACEH – Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Profesor Mujiburrahman menghadiri Seminar Kebangsaan bertajuk ‘Menemukan Pemimpin Ideal untuk Aceh’ yang diselenggarakan oleh PB HUDA bekerja sama dengan PWNU Aceh di Hotel Grand Aceh Syariah.

Seminar ini menghadirkan narasumber Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf dan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab.

Dalam acara tersebut, Mujiburrahman memberikan tanggapan terkait kriteria pemimpin yang ideal bagi Aceh di masa depan.

Menurut Mujiburrahman, Aceh membutuhkan sosok pemimpin yang tangguh, berintegritas, dan memiliki moralitas tinggi.

“Di samping itu, juga harus shaleh, taat, dan berakar pada hablun minallah yang kuat, bukan pemimpin yang salah, tidak takut kepada Allah, tidak amanah, dan tidak peduli kepada masyarakatnya,” ujar Mujib.

Berita Lainnya:
Jurnalis Langsa Tolak RUU Penyiaran Dianggap Mengancam Kebebasan Pers

Lebih lanjut, Mujiburrahman menekankan pentingnya semangat pejuang dalam diri seorang pemimpin, terutama di tengah kondisi politik saat ini.

“Dengan semangat pejuang akan menjadi pijakan dan energi dalam menjalankan amanah kepemimpinan untuk membangun Aceh secara serius, sungguh-sungguh, melayani, dan tanpa pamrih,” katanya.

Ia juga menyoroti risiko mental penikmat yang dapat berdampak negatif pada kepemimpinan. “Dengan mental penikmat akan menghiasi warna kepemimpinan yang birokratis, hedonis, aji mumpung, senang dilayani, dan menikmati fasilitas sebesar-besarnya, namun kurang peduli kepada keutuhan dan kemaslahatan masyarakat,” tambahnya.

Berita Lainnya:
Enam Prodi Kesehatan USK Raih Akreditasi Internasional

Selain itu, Mujiburrahman menekankan pentingnya pemimpin yang memiliki kapasitas sumber daya manusia yang baik, integritas pribadi yang tinggi, dan kemitraan yang luas.

“Hanya pemimpin yang memiliki kemampuan dan integritas yang tinggi yang mampu memimpin Aceh dengan skill dan seni sehingga bisa merangkul seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap, dengan tiga prototipe kepemimpinan tersebut, siapapun pemimpin Aceh masa depan akan diridhai Allah SWT, dicintai, dihormati, dan dibantu oleh masyarakat, sehingga harapan Aceh yang berperadaban, maju, dan sejahtera dapat terwujud.

Kegiatan seminar ini turut dihadiri Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf, dan Bendahara Umum PBNU Gudfan Arif Ghofur.[]


Reaksi & Komentar

أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ فَأَرَدتُّ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُم مَّلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا الكهف [79] Listen
As for the ship, it belonged to poor people working at sea. So I intended to cause defect in it as there was after them a king who seized every [good] ship by force. Al-Kahf ( The Cave ) [79] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
[donasiaja id="dsx2tuocp"]
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi