Rabu, 03/07/2024 - 23:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Jelang Pilkada, Netralitas ASN dan Aparatur Desa di Abdya Dipertanyakan

Sebagian oknum ASN dan kepala desa beserta aparaturnya diduga terlibat dalam politik praktis, yang bertentangan dengan aturan Undang-Undang. Pelanggaran ini mencakup ketentuan dalam No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang melarang ASN dan perangkat desa melakukan politik praktis. Sanksi yang dikenakan bagi pelanggar dapat berupa pidana penjara dan denda.

Nurdianto menegaskan, netralitas aparatur pemerintahan sangat penting. Mereka seharusnya menjadi lambang netralitas dalam sebuah negara, kabupaten, dan desa. Namun, beberapa di antara mereka justru terlibat sebagai relawan dan tim sukses calon bupati.

Berita Lainnya:
Tito Bantah Isu Rotasi Pj Kepala Daerah untuk Mudahkan Jokowi Cawe-Cawe Pilkada

“Hal ini sungguh sangat memalukan bagi Pemerintahan Kabupaten Abdya, mulai dari ASN, Camat, perangkat kedinasan hingga kepala desa beserta aparaturnya terlibat politik praktis,” ujarnya.

Kepala desa dan keuchik gampong yang membagikan dukungan ke salah satu calon di media sosial juga mendapat sorotan. Nurdianto meminta Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Panwaslih Pilkada) Aceh Barat Daya untuk segera menindaklanjuti pelanggaran ini.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Aceh Serahkan Bantuan Becak untuk Operasional Pengobatan Ramadhan

Selain itu, Nurdianto mengharapkan Pj Bupati Abdya untuk menegur ASN, camat, dan perangkat kedinasan agar tetap netral dalam menyambut Pilkada 2024.

Nurdianto juga berpesan, para oknum ASN dan kepala desa seharusnya melakukan introspeksi atas tindakan mereka. Jika tidak, lebih baik mereka mundur dari jabatan.

“Semoga konflik kepentingan antara masyarakat dan perangkat desa dapat dihindari di masa depan,” pungkas Nurdianto. []


Reaksi & Komentar

فَلَمَّا جَاوَزَا قَالَ لِفَتَاهُ آتِنَا غَدَاءَنَا لَقَدْ لَقِينَا مِن سَفَرِنَا هَٰذَا نَصَبًا الكهف [62] Listen
So when they had passed beyond it, [Moses] said to his boy, "Bring us our morning meal. We have certainly suffered in this, our journey, [much] fatigue." Al-Kahf ( The Cave ) [62] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi