Kamis, 04/07/2024 - 00:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Cara Terbaik Pakai Lensa Kontak Agar Mata Bebas Iritasi

JAKARTA — Penggunaan lensa kontak menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memperbaiki penglihatan tanpa menggunakan kacamata. Namun, mengingat lensa kontak adalah benda asing yang ditempatkan di mata, perawatan dan penggunaannya harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan masalah pada mata seperti iritasi, kemerahan, perih, dan kekeringan.

Berikut ini adalah tips pemakaian dan perawatan lensa kontak yang dapat Anda ikuti untuk menjaga kesehatan mata dan memperpanjang usia lensa kontak:

1. Cuci tangan dengan bersih

Sebelum menyentuh lensa kontak atau area mata, selalu pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Keringkan tangan dengan handuk yang bersih dan bebas serat.

2. Gunakan larutan pembersih yang tepat

Jangan pernah menggunakan air keran, air liur, atau larutan lain yang tidak direkomendasikan untuk membersihkan lensa kontak. Gunakan hanya larutan pembersih yang direkomendasikan oleh profesional kesehatan mata.

3. Pasang dan lepas dengan lembut

Saat memasang atau melepas lensa kontak, lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak lensa atau melukai mata Anda.

Berita Lainnya:
Harapan Baru! Terapi Gen Klaim Atasi Ketulian pada Anak-Anak

4. Jangan tidur dengan lensa kontak

Kecuali lensa kontak tersebut memang didesain khusus untuk pemakaian selama tidur, hindari penggunaan lensa kontak saat tidur guna mencegah iritasi dan kekurangan oksigen pada mata.

5. Ikuti jadwal pemakaian

Patuhi jadwal pemakaian yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Jangan menggunakan lensa kontak lebih lama dari waktu yang dianjurkan.

Tips merawat lensa kontak:

1. Rutin membersihkan lensa

Setelah digunakan, lensa kontak harus dibersihkan dengan larutan pembersih yang dianjurkan. Gosok perlahan lensa dengan ujung jari dan bilas dengan larutan sebelum menyimpannya.

2. Ganti larutan penyimpanan setiap hari

Pastikan selalu mengganti larutan penyimpanan lensa kontak setiap hari. Jangan mencampurkan larutan baru dengan yang lama.

3. Bersihkan tempat lensa

Tempat penyimpanan lensa juga harus dibersihkan secara berkala dengan larutan pembersih dan dijemur hingga kering sebelum digunakan kembali.

Berita Lainnya:
Kemenkes Sebut Belum Ada Laporan Kasus Bakteri Pemakan Daging di Indonesia

4. Hindari sentuhan dengan benda asing

Jangan menyentuh lensa kontak dengan benda asing atau tangan yang belum dibersihkan untuk menghindari kontaminasi dan infeksi.

5. Periksa masa kedaluwarsa

Selalu perhatikan masa kedaluwarsa lensa kontak dan larutan pembersih. Jangan gunakan produk yang sudah melewati masa kedaluwarsa.

6. Ganti lensa sesuai ketentuan

Lensa kontak memiliki batas waktu pemakaian tertentu, seperti harian, mingguan, atau bulanan. Pastikan mengganti lensa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meminimalkan risiko iritasi, kemerahan, perih, dan kekeringan pada mata, serta memastikan lensa kontak Anda tetap awet dan nyaman digunakan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mata jika mengalami masalah atau keluhan terkait penggunaan lensa kontak guna mendapatkan penanganan yang tepat.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi Tim Redaksi.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ ۚ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَن يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا ۖ وَإِن تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَىٰ فَلَن يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا الكهف [57] Listen
And who is more unjust than one who is reminded of the verses of his Lord but turns away from them and forgets what his hands have put forth? Indeed, We have placed over their hearts coverings, lest they understand it, and in their ears deafness. And if you invite them to guidance - they will never be guided, then - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [57] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi