Kamis, 04/07/2024 - 00:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

SPORT

Pebulu Tangkis Zhang Zhi Jie Meninggal, PBSI Tegaskan Tim Medis Bekerja Sesuai SOP

Ucapan duka cita dari PBSI atas meninggalnya Zhang Zhi Jie.

 JAKARTA — Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP.PBSI) melalui Kabid Humas dan Media Broto Happy Wondomisnowo menyatakan tim medis, yang bertugas pada ajang Asia Junior Championship (AJC) di GOR Amongrogo Jogja sudah menjalankan tugasnya sesuai Standar Operasional prosedur (SOP). Ini disampaikannya dalam konferensi pers meninggalnya pemain China Zhang Zhi Jie saat bertanding di AJC, Ahad (30/6/2024) malam.

Dalam acara jumpa pers yang digelar Senin (1/7/2024) di Yogjakarta, Broto mengatakan kalau tim medis sudah bekerja sesuai SOP. Tim medis yang digunakan untuk ajang AJC 2024 adalah dokter dari RSPAU Dr S Harjolukito rumah sakit yang jadi rujukan dan telah disetujui oleh Badminton Asia.

Berita Lainnya:
Dony Tri Ingin Ulangi Kesuksesan Timnas U-19 pada 2013 di Piala AFF U-19 2024

Broto juga memberi tanggapan tentang SOP dari tim medis. Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, tim medis terlihat begitu lamban dalam memberikan pertolongan pertama di lapangan. Menurut Broto, ini semua sudah sesuai SOP.

“Berdasarkan SOP tim medis bisa masuk lapangan setelah mendapat persetujuan dari wasit yang memimpin pertandingan. Jadi tim medis yang bertugas saat itu menunggu instruksi dari wasit masuk ke lapangan. Mereka sudah sesuai SOP,” ujar Broto.

Menanggapi ini, Broto mengatakan, PBSI akan memberi masukan terhadap BWF untuk meninjau aturan ini. Sebab, keselamatan atlet hal yang utama.

Berita Lainnya:
Calon Ketum PBSI Harus Punya Jiwa Kepemimpinan dan Kepedulian kepada Bulu Tangkis

“Jadi kalau memang dalam kondisi darurat, tim medis seharusnya bisa masuk lapangan secepatnya untuk memberikan pertolongan kepada atlet,” kata dia.

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia oleh rumah sakit pada Ahad malam pukul 23.30 WIB. Pemain kelahiran tahun 2007 itu terjatuh dan kejang-kejang di lapangan seperti terkena serangan jantung, saat menghadapi pemain Jepang di penyisihan grup. Saat itu gim pertama skor sama kuat 11-11.

Sebelum terjatuh, Zhang dalam posisi bersiap menerima servis. Namun ia kemudian jatuh tertelungkup dan kejang-kejang. Ada jeda waktu sebelum tim medis memberikan pertolongan pertama sampai Zhang dibawa ke rumah sakit.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا الكهف [7] Listen
Indeed, We have made that which is on the earth adornment for it that We may test them [as to] which of them is best in deed. Al-Kahf ( The Cave ) [7] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi