Kamis, 04/07/2024 - 19:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Yunani Dihantui Musim Panas yang Semakin Berbahaya

Yunani sering dilanda kebakaran hutan selama bulan-bulan musim panas.

 ATHENA — Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis memperingatkan warga negaranya untuk mengantisipasi dampak musim panas yang dapat menyebabkan risiko kebakaran hutan. Musim panas tahun ini juga disebut berbahaya karena bisa menimbulkan kekeringan berkepanjangan.

Yunani kerap dilanda kebakaran hutan, tapi kini cuaca di negara itu semakin panas, kering, dan tak bisa diprediksi. Menurut ilmuwan, semakin sering dan intensifnya cuaca panas dan kering dipengaruhi perubahan iklim yang dipicu aktivitas manusia.  

Pada pekan ini saja sudah terjadi puluhan peristiwa kebakaran hutan di Yunani, termasuk dua kebakaran hutan di dekat Ibu Kota Athena. Lebih dari 100 pemadam kebakaran dibantu 11 pesawat dan lima helikopter berusaha memadamkan api di Pulau Kos dan Chios.

Berita Lainnya:
Cuaca Panas Landa Hampir Semua Wilayah Indonesia, Tangsel Terpanas

“Musim panas tahun ini diperkirakan lebih berbahaya, masa-masa paling sulit masih di depan kita. Kondisi cuaca bulan Juni tahun ini sangat menyulitkan dengan kekeringan dan hembusan angin yang sangat kencang untuk musim ini,” kata Mitsotakis kepada pada kabinetnya, Senin (1/7/2024).

Ia memuji pemadam kebakaran yang berhasil menahan kebakaran pada akhir pekan lalu. Mitsotakis mengatakan kurang dari 100 ribu meter persegi lahan terbakar di dua lokasi kebakaran hutan.

Ia menambahkan kerusakan berhasil dibatasi karena respon dari badan kedaruratan negara dan penggunaan drone untuk mensurvei hutan. Yunani meningkatkan persiapannya pada tahun ini dengan mempekerjakan lebih banyak pegawai dan menambah pelatihan, setelah kebakaran hutan tahun lalu memaksa lebih dari 19 ribu orang di Kepulauan Rhodes mengungsi dan menewaskan 20 orang di utara negara itu.

Berita Lainnya:
Yunani Bergelut dengan Kebakaran Hutan

Dalam pernyataan yang dirilis juru bicara pemerintah, Menteri Perlindungan Sipil Vassilis Kikilias mengatakan Yunani menggunakan teknologi, termasuk pesawat tanpa awak dan pemancar data, untuk menemukan titik api lebih awal. Negara itu kini berencana untuk meningkatkan jumlah drone menjadi 35 sistem dan menambah jumlah operator drone terlatih dari 104 menjadi 139 orang.

“Persenjataan kami mungkin lebih kuat, tetapi tidak ada yang lebih baik – dan itu terlihat dalam praktiknya – tidak ada yang bisa mengalahkan persiapan, dan agar masyarakat juga terlibat dalam pertahanan kolektif terhadap bahaya alam,” kata Mitsotakis. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلًا رَّجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا الكهف [32] Listen
And present to them an example of two men: We granted to one of them two gardens of grapevines, and We bordered them with palm trees and placed between them [fields of] crops. Al-Kahf ( The Cave ) [32] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi