Selasa, 09/07/2024 - 06:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Utang Negara Rp8 Ribu Triliun, Megawati: Mau Dibayar Sama Apa Coba?

BANDA ACEH – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritisi utang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini sudah mencapai Rp8.338,43 triliun. Ia mengaku bingung dengan banyaknya utang tersebut, bagaimana pemerintah mampu melunasinya.”Mau dibayar sama apa hayo coba? Rp8.000 triliun lebih. Nah berarti modalnya apa, pokoknya berapa? Bunganya berapa? Ya sudah pikir deh sono yang ahli-ahli ekonomi,” kata Megawati dalam pidatonya di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

Megawati lantas memamerkan hasil kinerjanya selama menjabat sebagai Presiden RI ke-5. Diakuinya, selama menjabat ia mampu melunasi utang IMF yang sudah ada sejak pemerintahan Soeharto.

“Saya dapat award, karena dari CNBC, ada kalau mau lihat ntar tak foto. Karena, kenapa kok bisa pada waktu itu melunasi utang IMF. Itu susah buanget karena di zaman pak Harto, bayangin. Nah sekarang saya nanya, kalau keadaan kayak gitu, so what? So what? Lo mau ngapain?” ujarnya.

Berita Lainnya:
Khutbah Idul Adha di UMJ, Khatib Ingatkan Pentingnya Integritas

Diketahui, pemerintahan Jokowi tinggal menghitung bulan tapi utangnya semakin menggunung. Per Mei 2024, angkanya mencapai Rp8.358,02 triliun, hanya dalam sebulan naik Rp14,59 triliun.

Sedangkan posisi utang pada April 2024, mencapai Rp8.338,43 triliun, atau naik Rp76,33 triliun dibandingkan utang Maret 2024 senilai Rp8.262,1 triliun. Intinya tiap bulan selalu naik.

Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu, Suminto mengatakan, bertumbuhnya utang pemerintah itu karena APBN 2024 masih defisit 2,29 persen.

Berita Lainnya:
Buntut Kasus Korupsi di Kementan, Eks Mentan SYL Dituntut 12 Tahun Penjara

“Karena defisit 2,29 persen kan harus dibiayai dari pembiayaan, pembiayaan anggaran. Pembiayaan itu akan ada pembiayaan utang, ada pembiayaan non-utang,” kata Suminto di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Suminto tak menampik bahwa utang pemerintah akan terus bertambah manakala defisit APBN membesar. Mau tak mau, utang akan terus menumpuk seiring defisit anggaran yang terjadi.

“Karena ada utang neto yang positif itu yang akan nambah utang selama satu tahun ya pasti nambah lah, dari Januari sampai Desember pasti nambah,” tegas Suminto.


Reaksi & Komentar

وَرَبُّكَ الْغَفُورُ ذُو الرَّحْمَةِ ۖ لَوْ يُؤَاخِذُهُم بِمَا كَسَبُوا لَعَجَّلَ لَهُمُ الْعَذَابَ ۚ بَل لَّهُم مَّوْعِدٌ لَّن يَجِدُوا مِن دُونِهِ مَوْئِلًا الكهف [58] Listen
And your Lord is the Forgiving, full of mercy. If He were to impose blame upon them for what they earned, He would have hastened for them the punishment. Rather, for them is an appointment from which they will never find an escape. Al-Kahf ( The Cave ) [58] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi