BISNISEKONOMI

Efek Boikot Israel? Pendapatan Starbuck Nyungsep di Q2 2024

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Waralaba kopi asal Amerika Serikat (AS), Starbucks, melaporkan kondisi pendapatannya di April-Juni 2024. Hal ini terungkap dari rilis kondisi keuangannya, Selasa (30/7/2024).Dalam situs resminya, secara rinci, penjualan bersih turun 1% secara year-on-year menjadi US$ 9,11 miliar (Rp 149 triliun). Penjualan di toko yang sama perusahaan turun 3% pada kuartal tersebut, didorong oleh penurunan transaksi sebesar 5%.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Secara geografis, AS dan China mencakup 61% dari portofolio global perusahaan, dengan masing-masing memiliki 16.730 dan 7.306 toko gerai Starbucks. Namun, di AS, penjualan turun 6% dan untuk penjualan di toko yang sama di dalam negeri turun 2%,

Di luar Amerika Utara, penjualan toko yang sama turun 7%. Di China, pasar terbesar kedua Starbucks, penjualan di toko yang sama anjlok 14%.

Berita Lainnya:
Mahasiswa HMI Serukan Rakyat Lakukan Pembangkangan Sipil terhadap Pemerintah
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Hasil tersebut muncul setelah laporan laba rugi pada April lalu yang mengecewakan dan menuai tanggapan keras di Wall Street. Apalagi, perusahaan yang berdiri di Seattle itu terus mendapatkan tekanan dari sejumlah warga yang memboikotnya karena dianggap mendukung aksi militer Israel dalam menyerang Gaza,

Kondisi itu mendorong Kepala Eksekutif (CEO) Starbucks Laxman Narasimhan untuk menjanjikan pemulihan. Narasimhan menekankan peningkatan pelatihan, manajemen karyawan, dan peningkatan teknologi yang membuahkan hasil. Menurutnya, hasil ini menunjukan bahwa cara ini berhasil untuk kembali menggenjot pasar.

Berita Lainnya:
Gus Yaqut Geram Dituding Mangkir: Jangan Di-spin off!

“Indikator bisnis dan operasional membaik menjelang hasil keuangan kami dan landasan pacu kami masih panjang,” ujarnya dalam rilis resmi itu.

“Kami memulihkan merek kami dari persepsinya. Kami membangun kembali fondasi operasional toko dan rantai pasokan kami,” tambahnya.

Khusus China, Narasimhan mengaku Starbucks menghadapi persaingan yang lebih ketat dari kedai kopi lokal yang menurunkan harga raksasa kopi tersebut. Namun, ia menyebut transaksi harian rata-rata dan penjualan mingguan di China telah meningkat secara berurutan dari kuartal ke kuartal.

“Kami berada dalam tahap awal untuk menjajaki kemitraan strategis guna mempercepat pertumbuhannya di China,” tambahnya, tanpa menjelaskan seperti apa bentuk kemitraan tersebut.


Reaksi & Komentar

الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا الكهف [104] Listen
[They are] those whose effort is lost in worldly life, while they think that they are doing well in work." Al-Kahf ( The Cave ) [104] Listen

Berita Lainnya