ISLAM

Yajuj dan Majuj, Kaum Rakus yang Tidak Menyukai Bangsa Lain selain Diri Mereka Sendiri

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH –  Yajuj dan Majuj adalah makhluk Allah SWT yang akan muncul pada akhir zaman sesudah turunnya Dajjal dan Nabi Isa AS.Mereka akan membunuh semua penghuni bumi dan menghujamkan panah ke langit untuk membunuh penghuni langit. Mereka akan merusak segala sesuatu di sekitarnya, bahkan air danau akan habis jika dilewati oleh Yajuj dan Majuj, itu karena sifat rakus mereka.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Meskipun mereka adalah manusia, tetapi mereka memiliki sifat yang berbeda dari kebanyakan manusia. Ciri utama mereka kecenderungan untuk merusak dan jumlah mereka yang sangat banyak, sehingga ketika mereka turun dari gunung, terlihat seperti air bah yang mengalir.

Ya’juj dan Ma’juj, dua suku yang sangat besar jumlahnya. Perbandingan antara manusia pada umumnya dengan Ya’juj dan Ma’juj adalah 1:999. Mereka dikatakan sebagai mayoritas penghuni neraka. Kedua suku ini telah ada sejak masa Nabi Musa berdakwah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Abdullah bin ‘Amr mengatakan bahwa salah satu dari mereka tidak akan mati kecuali ia telah memiliki keturunan sejumlah seribu atau lebih.

Sifat mereka disebutkan sangat keras, kasar, tidak beradab, sombong, gigih, suka berperang, merampok, membunuh, merusak, memperkosa, dan tidak menyukai umat (bangsa) selain diri mereka sendiri.

Kesombongan mereka digambarkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad, di mana setelah berhasil membunuh seluruh penduduk bumi, mereka melemparkan anak panah dan tombak ke atas awan dan beranggapan bahwa mereka telah berhasil membunuh penduduk langit (para malaikat) karena anak panah dan tombak mereka kembali dengan berlumuran darah.

Berita Lainnya:
Tak Bisa Dibantah, Anies Idola Warga Jakarta

Mereka memiliki wajah seperti tembikar dengan mata sipit, jambul rambut berwarna putih, dan bermuka lebar.

Menurut tafsir Ibnu Katsir, Ya’juj dan Ma’juj adalah keturunan Nuh AS, tepatnya dari garis keturunan Yafith bin Nuh AS, anak-anak Yafis atau orang tua bangsa Turki (yang merupakan sebagian kecil dari Ya’juj dan Ma’juj). Mereka juga dianggap sebagai keturunan Adam AS.

Ya’juj dan Ma’juj ditinggalkan di belakang tembok penghalang yang dibangun oleh Zulqarnain. Dalam surah Al-Kahf, Raja Dzul Qarnain menemukan suatu kaum di antara dua gunung saat dalam perjalanannya.

Dzul Qarnain tidak mengerti bahasa mereka, tetapi mereka mengeluh kepadanya bahwa ada ancaman dari Ya’juj dan Ma’juj yang mengancam keamanan. Mereka meminta Dzul Qarnain membangun tembok untuk melindungi mereka dari kejahatan Ya’juj dan Ma’juj. Dzul Qarnain kemudian memenuhi permintaan tersebut.

Tembok itu sudah dibuka pada zaman Nabi. Rasulallah SAW bersabda: Hari ini, dinding Ya’juj dan Ma’juj telah dibuka seperti ini. Beliau kemudian melingkarkan ibu jari dengan jari telunjuk.

Berita Lainnya:
Kaesang Batal Diperiksa, KPK Pandang Bulu Tegakkan Hukum?

Allah SWT berfirman dalam Quran Surah Al Anbiya: 95-97 yang artinya:

Sesungguhnya tidak mungkin atas (penduduk) suatu negeri yang telah Kami binasakan bahwa mereka tidak akan kembali (kepada Kami).

Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya-juj dan Ma-juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.

Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir.

Mereka berkata, “Aduhai, celakalah kami. Sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.”

Ya’juj dan Ma’juj akan melakukan banyak kejahatan dan kekafiran saat keluar dari tempat asalnya, tetapi akan dibinasakan oleh Allah SWT bersama kaum mukmin yang dipimpin oleh Nabi Isa AS.

Saat itu, Nabi Isa AS akan berdoa kepada Allah untuk menghancurkan Ya’juj dan Ma’juj, dan Allah akan mengabulkannya.

Untuk menghancurkan Ya’juj dan Ma’juj, Allah SWT mengirim sejenis ulat yang disiapkan untuk menyerang leher mereka, sehingga menyebabkan kebinasaan mereka.

Mayat-mayat mereka bergelimpangan dan mengeluarkan bau busuk. Untuk membersihkan semua itu, Allah SWT kemudian mengirim burung-burung untuk mengangkuti mayat-mayatnya, serta mengirim hujan untuk membersihkan. ***


Reaksi & Komentar

خَالِدِينَ فِيهَا لَا يَبْغُونَ عَنْهَا حِوَلًا الكهف [108] Listen
Wherein they abide eternally. They will not desire from it any transfer. Al-Kahf ( The Cave ) [108] Listen

Berita Lainnya