Kamis, 19/09/2024 - 05:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tak Ada Kepastian dengan Anies, PKS Beri Isyarat Balik Badan

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Khoirudin mengatakan pihaknya memberikan batas waktu kepada Anies Baswedan untuk mencari rekan koalisi pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.Dia mengisyaratkan PKS bakal meninggalkan Anies jika eks Gubernur DKI Jakarta itu belum juga berhasil mendapatkan rekan koalisi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

“Baik pak Anies dan PKS, jadi batas waktu itu kita menentukan sikap untuk dapat teman koalisi atau tidak. Kalau sudah mentok ya kita gak mungkin mencalonkan, kalau kita tidak mencalonkan kita akan kena sanksi,” kata Khoirudin di DPRD Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2024).

Khoirudin menyebutkan, saat ini PKS terus berupaya untuk menemukan teman koalisi hingga batas waktu yang sudah ditentukan. Dia mewanti-wanti PKS tidak bisa berlayar jika belum juga bekerja sama dengan parpol lain jelang menit-menit akhir pendaftaran.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

“Jadi ada batas waktu, limit waktu yang jadi perhatian kita bersama. Seandainya kita tidak ada teman koalisi kita akan baru berpikir untuk bisa tentu DPW DKI Jakarta akan bersurat ya, menyampaikan kepada DPP apa hasil dialog kita komunikasi dengan banyak partai,” kata dia.

Berita Lainnya:
Sisihkan Barang Bukti 1 Kilogram Sabu, Kasatnarkoba Barelang dan Dua Anggota Polisi Dipecat Tidak Hormat

Peluang PKS maju di Pilkada Jakarta semakin terdesak dengan kehadiran Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus. Rekan-rekannya, yakni Partai NasDem dan PKB diperkirakan akan gabung ke KIM sehingga menyisakan PKS sebagai satu-satunya partai yang mendukung Anies Baswedan.

Posisi Anies yang bukan kader partai menurunkan nilai tawar PKS jika berkoalisi dengan PDIP. Pasalnya, andaikata PDIP mau berkoalisi, tentu PKS tidak bisa menempatkan kadernya sebagai pendamping Anies Baswedan.

Kondisi ini tentu akan memaksa PKS untuk mengocok ulang, berhitung-hitung merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Apalagi, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sudah membuka peluang untuk memberikan posisi cawagub Jakarta ke partai yang baru akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Berita Lainnya:
Bikin Video Asusila Sendiri, Kirim ke Rekan Kerja via Instagram, Pelaku Ditangkap Jajaran Polda Metro Jaya

“Kita komunikasi dengan partai-partai Politik seperti NasDem, seperti PKB, kita juga ada komunikasi sama PPP, ada juga komunikasi dengan Perindo, semua kita komunikasi (termasuk PKS),” tuturnya  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa menyatakan, jika melihat PKS yang sudah mengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara (Sumut), maka bukan mustahil partai berbasis Islam tersebut cenderung akan merapat ke KIM Plus di Jakarta.

“Kita juga sama-sama tahu di Sumut, PKS sudah resmi mengusung Bobby, artinya sangat mungkin ada usaha atau tendensi untuk kemudian menyisakan PDIP sendiri, yang kita sama-sama tahu juga di Jakarta PDIP tidak bisa mengusung calon sendirian kan gitu,” ujar Ardha kepada Inilah.com saat dihubungi di Jakarta, dikutip Selasa (6/8/2024).


Reaksi & Komentar

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا الكهف [107] Listen
Indeed, those who have believed and done righteous deeds - they will have the Gardens of Paradise as a lodging, Al-Kahf ( The Cave ) [107] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi