OPINI
OPINI

Birahi Politik Partai Dakwah

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

MASYARAKAT merasakan kecewa pasca Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan menyatakan sikap mendukung Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara. Keputusan ini cukup mengejutkan karena ekspektasi masyarakat terhadap keteguhan sikap PKS sangat tinggi. Melihat sikap PKS beberapa waktu silam rasanya tidak mungkin PKS akan sampai pada titik ini, yaitu memperturutkan birahi politik, mengorbankan idealisme, menjilat ludahnya sendiri, dan bergabung dengan politik dinasti. Netizen  Indonesia pun mengucapkan selamat tinggal kepada PKS dengan frasa ‘Bye PKS’.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

PKS adalah sebuah partai politik dengan basis Islam yang kuat, selama ini dikenal sebagai Partai Dakwah. Partai ini menjadi pelabuhan terakhir bagi masyarakat yang melihat berbagai pertunjukan kotor partai politik dalam menjalankan demokrasi di negeri ini. Selama ini masyarakat melihat bagaimana kader-kader PKS berjibaku melawan kedzaliman di parlemen, namun diujung jalan PKS tertawan. Bahkan PKS blak-blakan mengaku sudah ditawari untuk mendapatkan jatah Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta.

Dalamnya kekecewaan yang dirasakan oleh masyarakat sebab bergabungnya PKS ke KIM dan meninggalkan Anies Baswedan menunjukkan bahwa masyarakat kita belum move on. Netizen tak habis pikir bagaimana bisa PKS dengan basis Islam yang kuat berkolaborasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kader-kadernya kerap menyerang Islam. Masyarakat terus bertanya, bagaimana bisa? Bagaimana bisa?

Berita Lainnya:
Pilkada Jakarta 2024: Pasangan “RAKUS” Vs Pasangan BONEKA
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Realitas ini menunjukkan bahwa masyarakat kita masih saja terpesona pada bungkus dan label bukan pada substansi yang sesungguhnya. Entah bagaimana pula jika besok lusa ternyata Anies Baswedan justru maju dengan dukungan PDIP, misalnya. Apakah masyarakat akan termehek-mehek kembali? Padahal inilah politik sirkus demokrasi, tidak ada kawan yang abadi, yang ada hanya kepentingan yang abadi.

Ada baiknya kita mengingat kembali hadits berikut;

“Ruh-ruh itu bagaikan pasukan yang dihimpun dalam kesatuan. Jika saling mengenal diantara mereka maka akan bersatu, dan yang saling merasa asing diantara mereka maka akan berpisah.” (HR. Muslim, 6376).

Partai Politik Islam Tertawan

Jika kita cermati perjalanan PKS di Indonesia, sejatinya hal ini merupakan realitas partai Islam yang terulang di berbagai negara. PKS hadir dalam upaya mewujudkan cita-cita mereka, yakni membangkitkan Islam dan kaum Muslimin dari berbagai keterpurukannya. Namun sebagaimana nasib partai-partai pendahulunya yang berjibaku dalam atmosphir demokrasi akhirnya harus menyerah pada keadaan bahkan mengubah arah perjuangannya.

Pada akhirnya PKS lahir sekadar sebagai pengekor pendahulu mereka, menempuh jalur perjuangan yang tidak jauh berbeda dan akhirnya menuai kegagalan yang sama. Wajar jika para konstituen PKS memanen kekecewaan yang berlipat-lipat, namun inilah demokrasi, berkoalisi atau hancur sendiri? Tidak ada kawan atau musuh yang abadi, hari ini lawan besok berkawan yang penting kepentingan terealisasikan dan pastinya menguntungkan. Cita-cita mewujudkan kebangkitan Islam menguap entah kemana, dikalahkan oleh birahi politik dan kekuasaan.

Berita Lainnya:
Saat Buah Hati Jadi Komoditi

PKS pun tak menutupi lagi pragmatisme mereka. Melihat sikap para pemimpin partai tampak bahwa PKS telah siap dengan segala resiko tersebut termasuk ditinggalkan oleh konstituennya. Pragmatisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa kebenaran dari segala sesuatu, baik ucapan, dalil, ataupun teori, diukur berdasarkan pada manfaat yang diberikannya. Pragmatisme merupakan cabang dari pemikiran kapitalisme. Asasnya pun sama yaitu sekulerisme.

Karakter yang melekat pada pragmatisme adalah ketundukan pada realitas dan manfaat yang diperoleh. Kita bisa mengindera bagaimana partai politik membina koalisi untuk mendapatkan bagian dalam kekuasaan dengan mengorbankan ideologi dan arah perjuangan. Sikap pragmatis cenderung menggunakan segala cara mengabaikan prinsip-prinsip kebenaran dan kepantasan.

Oleh sebab itu masyarakat tidak perlu kaget ketika Edy Rahmayadi kini diusung oleh PDIP untuk maju di Pilkada Sumatera Utara, sementara Bobby Nasution didukung oleh super koalisi termasuk PKS di dalamnya. Koalisi-koalisi ini bergabung dengan tujuan dan dalih yang sama yaitu demi memperjuangkan perbaikan bangsa dan negara.

1 2

Reaksi & Komentar

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا الكهف [96] Listen
Bring me sheets of iron" - until, when he had leveled [them] between the two mountain walls, he said, "Blow [with bellows]," until when he had made it [like] fire, he said, "Bring me, that I may pour over it molten copper." Al-Kahf ( The Cave ) [96] Listen

Berita Lainnya