Kamis, 19/09/2024 - 05:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OPINI
OPINI

Teunak Ulama, Trend Gila Pengguna Media

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

Penulis: Tgk. Mukhlisuddin**

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

“Al-Ulama Warasatul Ambiya” artinya ulama adalah pewarisnya para Nabi. Para ulama memiliki kedudukan yang mulia dan agung di sisi Allah. Allah telah meninggikan derajat  mengistimewakan mereka dari yang lainnya sebagai ahli ilmu. Dalam Qs. Al. Mujadalah :11 Allah berfirman “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” [al-Mujadilah/58 : 11].

BANYAK dalil yang menegaskan keistimewaan ulama dan penegasan untuk memuliakan serta wajibnya menghormati dan menjunjung tinggi kehormatan para ulama. Karena mereka merupakan pewaris Nabi, penerus misi dakwah yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Tentu jelaslah bahwa kewajiban setiap muslim terhadap para ulama  adalah mencintai dan menyukai mereka, menghormati dan memuliakan mereka, tanpa berlebih-lebihan atau merendahkan. Mengolok-olok ulama, mengejek atau melecehkan mereka, tentu saja bertentangan dengan perintah untuk mencintai dan memuliakan mereka. Melecehkan ulama sama artinya dengan menghina dan merendahkan mereka atau disebutkan sebagai istihza’ (mengolok-olok).

Imam Al-Ghazali menyebutkan makna istihza’, yaitu merendahkan, menghinakan dan menyebutkan aib dan kekurangan, supaya orang lain mentertawainya; bisa jadi dengan perkataan, dan bisa dengan perbuatan dan isyarat. Mengolok-olok dan memandang rendah para ulama, termasuk sifat orang kafir dan salah satu cabang kemunafikan.

“Trend” Menghina Ulama di Media

Sebuah penyakit sosial “pungo” yang mendera “pengguna media sosial di Aceh  adalah munculnya content creator yang secara “konsisten” memproduksi narasi penghinaan terhadap ulama,  bahkan penghinaan terhadap ulama tidak hanya sebatas pada ketidaksukaannya saja, tetapi sampai pada klaim “Ulama Suuk, Ulama Peminum Darah, Ulama Syetan” dan bahkan sampai memfitnah ulama sebagai “Pencuri, Pembunuh, dll” yang Na’uzubillah telah sampai taraf penghinaan ulama yang di luar nalar kewarasan (trend pungo).

Berita Lainnya:
KPK Harus Berani Panggil Kaesang dan Pemilik Private Jet

Viralnya content creator penghina ulama dan “konsistenya” mereka memproduksi narasi jahat tersebut tidak berdiri sendiri, tapi ketika  muatan penghinaan tersebut diproduksi, banyaknya pengguna media sisial lain yang menontonnya, memberikan tanda suka, menikmatinya bahkan membagikannya bahkan menambah narasi penghinaan lain  untuk ulama dan membagikan ulang sebagai bagian dari dukungan terhadap “penghinaan” kepada Ulama yang ini merupakan bagian dari “wujud dukungan” penghinaan terhadap ulama terus berlanjut.

Ulama memang bukanlah manusia suci yang tidak punya kesalahan, teapi ada adab dan etika yang mengharuskan tabayyun supaya tidak muncul respon mencela bahkan memunculkan fitnah terhadap ulama. Meskipun demikian, kita tidak bisa menaruh sangka buruk apalagi disertai ujaran kebencian terhadap mereka. Buruk sangka tanpa pembuktian dan tabayun, ghibah, ujaran kebencian, dan fitnah terhadap semua orang tidak terkecuali para ulama dan orang saleh adalah tindakan menyakitkan yang dilarang agama.

Tindakan menyakitkan ini dapat berakibat fatal, yaitu meruntuhkan keimanan kepada Allah. Hal ini dipesan oleh Sahal At-Tustari yang dikutip Syekh Abdul Wahhab As-Sya’rani “Pokok (iman) kami ada tujuh: 1) berpegang pada kitab suci Allah Al-Quran, 2) meneladani Rasulullah SAW, 3) mengonsumsi makanan halal, 4) menjauhi maksiat, 5) bertobat, 6) menunaikan kewajiban, dan 7) menahan diri dari tindakan menyakitkan bagi orang lain. Penahanan diri agar tidak menyakiti orang lain terbagi dua: 1) menahan anggota badan. dan 2) menahan batin dari buruk sangka terhadap orang lain yang melintas di hati. Pasalnya, buruk sangka termasuk racun mematikan, tetapi bahaya ini jarang disadari oleh banyak orang, terlebih lagi buruk sangka terhadap para wali, ulama, dan para penghafal Al-Quran”

Berita Lainnya:
Kelas Menengah Babak Belur Akibat Pemerintah Gagal Ciptakan Pemerataan Ekonomi

Buruk sangka tanpa pembuktian dan tabayun, ghibah, ujaran kebencian, dan fitnah terhadap ulama bukan hanya menutup pintu rahmat Allah, tetapi juga membuka lebar pintu murka Allah. Pesan ini berulang kali disampaikan Syekh Ali Wafa kepada Syekh Abdul Wahab As-Sya’rani :  Wahai para murid, waspadalah kamu terhadap hak salah seorang sahabat gurumu karena daging para wali adalah racun sekalipun mereka tidak mengambil tindakan terhadapmu. Waspada dan waspada atas penghinaan berupa ghibah terhadap salah seorang dari mereka sekalipun ghibah itu tidak sampai ke telinga mereka. Tetapi yang seharusnya paling kalian takuti adalah ketika ghibahmu sampai ke telinga mereka karena sungguh pelindung mereka adalah Allah. Sadarilah hal ini wahai saudaraku,”

1 2

Reaksi & Komentar

ثُمَّ بَعَثْنَاهُمْ لِنَعْلَمَ أَيُّ الْحِزْبَيْنِ أَحْصَىٰ لِمَا لَبِثُوا أَمَدًا الكهف [12] Listen
Then We awakened them that We might show which of the two factions was most precise in calculating what [extent] they had remained in time. Al-Kahf ( The Cave ) [12] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi