Kamis, 19/09/2024 - 08:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Hebohnya Para Menteri Jokowi Kenakan Pakaian Adat saat Upacara Perayaan HUT 79 RI di IKN, dari AHY, Luhut hingga Erick Thohir

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Upacara perayaan HUT ke 79 RI, Sabtu (17/8) tahun ini, digelar di dua tempat, yakni Istana Negara Jakarta dan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti perayaan HUT 79 RI di IKN. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) pun turut serta. Bergiliran, para menteri berangkat dari hotel tempat menginap menuju Istana Negara IKN, guna mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya di ibu kota negara baru.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Para Menteri KIM yang menginap di hotel bintang lima pertama di IKN ini mengenakan baju ada daerah se-Nusantara. Sebelumnya para Menteri KIM ini sarapan di restoran Swissotel Nusantara mulai pukul 08.30 Wita.

Tampak Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama istrinya, Annisa Pohan. Keduanya serasi mengenakan baju adat Kalimantan Tengah (Kalteng).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

“Tentu kita sedang berada di Kalimantan, ya. Kami berdua mengenakan pakaian khas dari Kotawaringin Barat. Yang sangat dipengaruhi dari Banjar, Kalsel. Intinya Melayu, ya. Kita ingin menunjukkan di mana kita berada, kita ingin menjunjung tinggi masyarakat adat serta tradisi masyarakat yang ada di Kalimantan ini,” katanya, dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Sabtu.

Berita Lainnya:
Prabowo Subianto Pastikan Ajak Menteri Kabinet Jokowi ke Kabinetnya

Ketua Umum Partai Demokrat ini juga berharap peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang pertama kali dilaksanakan di IKN, dapat menjadi momen yang positif dan mudah-mudahan bukan hanya seremonial. Tetapi menghadirkan energi besar Bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kita optimistis bahwa ini adalah awal yang sangat baik, untuk bisa kita lanjutkan pembangunan ke depan. Kita ingin IKN ini bisa terus menjadi pusat pemerintahan. Pusat peradaban yang maju. Bukan hanya kerja kerja pemerintahan, tetapi juga simbol bahwa IKN ini hadir untuk semua. Simbol dari berkeadilan dan merata,” kata AHY.

Selain itu, ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga mengenakan baju adat Dayak Kalimantan Timur (Kaltim). Selain itu ada beberapa Menteri KIM lainnya, yakni Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang mengenakan baju adat Kaltim.

Menteri lainnya adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang mengenakan pakaian adat Sumatera. Lalu ada pula, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang mengenakan kebaya dan juga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Yang terpantau menginap di Swissotel Nusantara adalah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, lalu Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang mengenakan baju adat Sulawesi Selatan.

Berita Lainnya:
Momen Unik Rocky Gerung Berkunjung ke Kecamatan Bernama Gerung: Saya Mau Nyaleg di Sini!

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Teten Masduki, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, lalu Menteri Agama

Yaqut Cholil Qoumas.

Dan yang menyita perhatian masyarakat yang ada di Swissotel Nusantara adalah Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang mengenaksn pakaian adat Jawa Barat. Tampak menginap di Swissotel Nusantara adalah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar.

Ada pula Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar dan Rahmat Gobel. Lalu Anggota DPR RI yang Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ahmad Basarah yang juga Ketua DPP PDIP, dan Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kaltim Rudy Mas’ud.

Para Menteri KIM ini, sekira pukul 09.46 Wita mulai memasuki electric vehicle (EV), berupa bus listrik yang disediakan oleh Bluebird. Di mana, ada 2 bus yang dioperasionalkan untuk mengangkut para peserta upacara, menuju Istana Negara.


Reaksi & Komentar

فَأَتْبَعَ سَبَبًا الكهف [85] Listen
So he followed a way Al-Kahf ( The Cave ) [85] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi