NASIONAL
NASIONAL

Paskibraka Berjilbab Asal Sumbar Batal Jadi Pembawa Baki di IKN, Begini Kata Pemprov

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Sempat beredar kabar siswa asal Sumatera Barat (Sumbar) terpilih menjadi pembawa baki bendera Sang Saka Merah Putih HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kabar tersebut mencuat di berbagai flatfom media sosial.Siswa tersebut bernama Maulia Permata Putri, siswa kelas XI SMAN 1 Solok, Sumatera Barat. Namun, pada kenyataaanya pada 17 Agustus 2024 pagi, gadis Minang tersebut tidak terlihat menjadi pembawa baki. Pembawa baki pada HUT kali ini terlihat pelajar asal Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Livenia Evelyn yang berasal dari SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kalimantan Timur.

Berita Lainnya:
Sembari Angkat Tangan, Jokowi Enggan Tanggapi Soal Wawancara "Settingan"
ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sumbar yang juga Pj Wali Kota Padang, Andre Algamar mengatakan, perubahan itu di dalam paskibraka adalah suatu hal yang biasa.

“Di Paskibraka itu biasa, pelatih itu akan menentukan di menit-menit terakhir. Soal itu adalah hal yang biasa,” tuturnya diwawancara merdeka.com usai upacara penurunan bendera HUT RI, Sabtu, (17/6) sore.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Ia melanjutkan, dari dahulu soal penentuan siapa yang akan menjadi membawa baki, pengibar ditentukan pada detik-detik terakhir.

Berita Lainnya:
Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

“Soal dilatih ia, semua anggota itu dilatih, diganti-ganti. Penentuannya di menit-menit terakhir,” tuturnya.

Tak Terkait Hijab

Ia melanjutkan, tidak terpilihnya siswa tersebut menjadi pembawa baki tidak ada kaitannya dengan memakai hijab.

“Insyallah tidak ada kaitannya dengan hijab,” sebutnya.

Ia mengatakan, meskipun Maulia Permata Putri tidak terpilih menjadi pembawa baki, masyarakat Sumbar sudah bangga.

“Terpilih saja sudah luar biasa, apapun posisinya sama saja. Sudah menjadi paskibraka pertama yang bertugas di IKN asal Sumbar itu akan menjadi sejarah,” tuturnya.


Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ ۚ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [78] Listen
[Al-Khidh r] said, "This is parting between me and you. I will inform you of the interpretation of that about which you could not have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [78] Listen

Berita Lainnya