Kamis, 19/09/2024 - 08:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

10 Tahun Jokowi, Berantas Kemiskinan Masih Sekadar Janji

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – 10 tahun yang lalu muncul dengan sebuah karya anak bangsa bernama Esemka, kemudian di penghujung masa jabatannya diakhiri dengan kemegahan Ibu Kota Nusantara (IKN).Ya, Joko Widodo (Jokowi), Presiden RI periode 2014-2024 membawa agenda prioritas pemerintahannya kala itu yang disebut Nawacita. Isinya, sembilan gagasan yang akan dilakoni kabinet pemerintahan Jokowi-Jusuf Kala.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Salah satu agenda prioritasnya adalah melindungi serta memberikan rasa aman bagi bangsa Indonesia, pemerintahan bersih dan demokratis, membangun Indonesia dari pinggiran serta memajukan daerah dan desa.

Namun sepertinya Nawacita tinggal cerita dan gula-gula masa lalu. Karena kenyataannya pemerintah masih belum bixa menjamin rasa aman rakyatnya dengan segala macam kejahatan jalanan yang kerap meneror.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Tingginya angka kejahatan lantaran kepemimpinan Jokowi selama 10 tahun belum berhasil mengentaskan kemiskinan, ditambah lagi dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pada Maret 2014, jumlah masyarakat miskin sebanyak 28,28 juta orang dengan tingkat kemiskinan 11,25 persen.

Per Maret 2024, angka kemiskinan terus mengalami penurunan menjadi 25,22 juta orang dengan tingkat kemiskinan 9,03 persen. Artinya, angka kemiskinan masih jauh di atas target Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Berita Lainnya:
Rencana Prabowo Bertemu Megawati, Upaya Meredakan Ketegangan dengan Jokowi?

Jumlah penduduk miskin berkurang sekitar 3,06 juta orang atau turun sekitar 2,22 poin persentase dalam 10 tahun terakhir dan secara rata-rata jumlah penduduk miskin berkurang sekitar 300 ribu orang per tahun.

Peneliti Institute For Development of Economics and Finance (INDEF), Abra Talattov mengingatkan janji Politik Jokowi saat kampanye 2014 tentang penurunan angka kemiskinan hingga ke level 6 sampai 7,5 persen.

Menurutnya kemiskinan selalu berkaitan dengan angka pengangguran, dan Jokowi pernah menyatakan janji akan menggerus angka pengangguran nasional menjadi 3,5 hingga 4 persen.

“Lagi-lagi kenyataannya meleset. Angka pengangguran di Indonesia masih di angka 5,2 persen,” ujarnya.

Sementara itu Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban menilai 10 tahun Jokowi memimpin hanya memprioritaskan program pembangunan infrastruktur. Sebut saja proyek jalan tol, bandara, hingga pembangunan IKN.

Namun perhatian terhadap kemiskinan dan persoalan ketenagakerjaan diakuinya tidak terlalu diperhatikan. Apalagi, ketika disahkannya kontroversi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, membuat masa depan dan kesejahteraan buruh semakin menderita.

Jokowi juga diakuinya tidak terlalu memperdulikan terkait dampak perkembangan digitalisasi platform saat ini. Dimana dampak digitalisasi platform ini, telah banyak menggantikan pekerjaan manusia di dunia kerja.

Berita Lainnya:
Belum Tentu Anies Baswedan Mau Diusung PDIP

“Di balik permasalahan ini semua, menciptakan pengangguran di Indonesia semakin tinggi. Ketimpangan sosial ini semakin tajam di tengah masyarakat. Jumlah kemiskinan dan pengangguran masih tinggi, ditambah lagi Indonesia semakin mengalami krisis keadilan. Kalau masalah ini tidak disikapi serius, bisa jadi negara akan mengalami kerusuhan sosial,” ujarnya.

Berdasarkan laporan ‘World Economic Outlook April 2024’ yang disusun Dana Moneter Internasional (IMF), Indonesia adalah negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di antara enam negara ASEAN pada 2024.

Indonesia menempati posisi pertama dalam proporsi jumlah pengangguran di negara-negara ASEAN per April 2024. Indonesia yang berpenduduk 279,96 juta orang itu mencatatkan angka pengangguran terbuka sebesar 5,2 persen. Di bawahnya ada negara yang selalu “panas”, Filipina, dengan 5,1 persen (114,16 juta penduduk); Malaysia: 3,5 persen (33,46 juta penduduk); Vietnam: 2,1 persen (100,77 juta penduduk); Singapura: 1,9 persen (5,94 juta penduduk) dan Thailand: 1,1 persen (70,27 juta penduduk).

Sejatinya, Jokowi memulai langkah kepemimpinannya dengan doa dan harapan. Bukan hanya dari dalam negeri, melainkan dari dunia internasional.

Majalah Time pernah menerbitkan edisi Presiden Joko Widodo sebagai sampul utama, berjudul “Jokowi: A New Hope” pada Oktober 2014.

1 2

Reaksi & Komentar

وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِن كِتَابِ رَبِّكَ ۖ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَن تَجِدَ مِن دُونِهِ مُلْتَحَدًا الكهف [27] Listen
And recite, [O Muhammad], what has been revealed to you of the Book of your Lord. There is no changer of His words, and never will you find in other than Him a refuge. Al-Kahf ( The Cave ) [27] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi