NASIONAL
NASIONAL

Jokowi dengan PDI-P Saja Bisa Pisah, Apalagi Cuma dengan Prabowo

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Keharmonisan hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto disebut menjadi salah satu faktor yang memuluskan transisi pemerintahanNamun, hal tersebut tidak menjamin hubungan Jokowi dan Prabowo akan terus harmonis hingga 5 tahun ke depan, karena masing-masing pihak memiliki kepentingan Politik.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

“Dalam politik, kita tidak pernah bisa menjamin bagaimana harmonisasi dan kemesraan antara Jokowi dan Prabowo ini akan terus berlanjut,” ujar Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno dalam program Obrolan Newsroom di Youtube Kompas.com, Senin (19/8/2024).

“Kita pun juga tidak bisa membayangkan betapa hubungan Pak Jokowi dan Pak Prabowo ini akan selalu mesra untuk selama-lamanya,” sambungnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Adi mencontohkan retaknya hubungan Jokowi dengan PDI-P yang terjalin bertahun-tahun, karena perbedaan pandangan politik pada Pilpres 2024.

Berita Lainnya:
Gugatan Kader PDIP Vs Megawati Pasti Ditolak Pengadilan

Kondisi serupa, lanjut Adi, bisa juga terjadi antara hubungan Jokowi dengan Prabowo, ketika telah resmi menjabat sebagai presiden.

“Jokowi dengan partainya saja bisa pisah jalan, apalagi cuma Prabowo dan Jokowi yang mungkin seumur jagung. Mereka itu perkenalan politiknya, mungkin titik temunya karena Pilpres 2024,” kata Adi.

Menurut Adi, keretakan itu sangat mungkin terjadi apabila kepentingan politik masing-masing terhambat. Kondisi ini pun bisa menimbulkan kekacauan pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sebab, kata Adi, orang-orang yang akan masuk ke kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya, cenderung sudah dipersiapkan sejak masa kepemimpinan Jokowi.

“Kalau kepentingan politiknya sama-sama tersumbat, tidak terakomodasi, ya bukan tidak mungkin hubungan keduanya tidak lagi mesra dan berujung pada dinamika internal koalisi. Dan juga berujung tarik-menarik antara kepentingan presiden dan wakil presiden,” ungkap Adi.

Berita Lainnya:
Momen Unik Rocky Gerung Berkunjung ke Kecamatan Bernama Gerung: Saya Mau Nyaleg di Sini!

“Termasuk akan berdampak secara signifikan terkait dengan reshuffle kabinet,” sambungnya.

Adi sebelumnya menjelaskan, reshuffle kabinet yang baru dilakukan Jokowi juga menjadi salah satu upaya menyiapkan sosok pembantu Prabowo-Gibran.

Dia mencontohkan masuknya Rosan Perkasa Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kemudian Bahlil Lahadalia yang dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Tentu harapannya adalah Pak Bahlil bisa melanjutkan posisinya sebagai Menteri ESDM untuk beberapa masa yang akan datang,” kata Adi.

“Termasuk misalnya wamen dan kepala-kepala bagian yang dilantik juga adalah orang-orang yang juga cukup dekat dengan Prabowo dan Pak Jokowi,” sambungnya.


Reaksi & Komentar

وَلَمْ تَكُن لَّهُ فِئَةٌ يَنصُرُونَهُ مِن دُونِ اللَّهِ وَمَا كَانَ مُنتَصِرًا الكهف [43] Listen
And there was for him no company to aid him other than Allah, nor could he defend himself. Al-Kahf ( The Cave ) [43] Listen

Berita Lainnya