NASIONAL
NASIONAL

PKS Putuskan Gabung KIM Plus, Pengamat: Daya Tahan Politiknya Melemah

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, daya tahan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengambil sikap sebagai oposisi pemerintah kini sudah jauh berkurang. 

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Menurut Agung, berkurangnya daya tahan itu merupakan salah satu alasan PKS untuk berubah haluan dengan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dan mendukung pemerintahan Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka

“Secara institusional PKS ini sudah berada di luar kekuasaan selama dua periode sehingga daya tahan politiknya berkurang. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Apalagi jika harus kembali ‘berpuasa Politik’ tentu bukan hal mudah,” ujar Agung kepada Kompas.com, Selasa (20/8/2024) malam. Agung melanjutkan, bergabungnya PKS ke KIM Plus juga tak lepas dari tawaran jabatan yang menggiurkan. 

Ia mencontohkan, posisi calon wakil gubernur Jakarta untuk PKS apabila bergabung ke KIM Plus tentu menjadi pertimbangan bagi partai tersebut. 

Berita Lainnya:
Jokowi Akhiri Masa Jabatan dengan Berkantor di IKN, Gelar Rapat Paripurna Terakhir hingga Reshuffle Kabinet

Apa yang Terjadi jika Putusan Terbaru MK Terkait Pilkada Tak Dipatuhi? 

“Sementara dalam konteks nasional, arahannya kursi di kabinet maupun insentif sumber daya lainnya,” kata Agung. Kendati demikian, Agung menilai PKS punya pekerjaan rumah untuk menjaga soliditas kader di akar rumput. 

Pasalnya, manuver PKS bergabung ke KIM Plus berpotensi menimbulkan gelombang protes dari kader simpatisan PKS. “PKS akan diuji kekuatan mesin politiknya di grass root. 

Apakah tetap solid atau sebaliknya mengendur seiring perubahan sikap politiknya yang merapat ke pemerintahan,” ujar Agung. 

Diberitakan sebelumnya, PKS menyatakan bergabung dengan KIM Plus dan akan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengungkapkan, keputusan bergabung dengan koalisi dan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran berdasarkan hasil Musyawarah Majelis Syuro PKS.

Berita Lainnya:
Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Akan Membludak, Bahlil: Enggak Ada Masalah Kok...

 “Sesuai dengan musyawarah majelis syuro yang ke-11 yang dilaksanakan 9-12 Agustus 2024 kemarin, maka PKS sudah menyatakan diri, hasil Musyawarah Majelis Syuro itu memang betul bergabung dalam koalisi,” ujar Syaikhu kepada wartawan di Tangerang, Selasa (20/8/2024). 

 Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi menegaskan, keikutsertaan PKS dalam KIM juga berarti mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. “Iya sudah pasti lah (juga mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran) Insya Allah,” jelas Aboe Bakar. Untuk diketahui PKS berada di kubu yang berbeda dengan Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

PKS bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem membentuk Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan calon presiden dan wapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

PKS juga telah berada di luar pemerintahan selama hampir 10 tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo


Reaksi & Komentar

وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَاوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا الكهف [17] Listen
And [had you been present], you would see the sun when it rose, inclining away from their cave on the right, and when it set, passing away from them on the left, while they were [laying] within an open space thereof. That was from the signs of Allah. He whom Allah guides is the [rightly] guided, but he whom He leaves astray - never will you find for him a protecting guide. Al-Kahf ( The Cave ) [17] Listen

Berita Lainnya