NASIONAL
NASIONAL

Cak Imin Doakan PDIP Usung Anies di Pilkada DKI: Semoga Lancar

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar mendoakan PDI Perjuangan lancar mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta.“Ya dengan keputusan Mahkamah Konstitusi ini berarti PDIP bisa mengusung sendiri. Ya moga-moga lancar gitu,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (24/8/2024).

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Cak Imin menyampaikan pernyataan tersebut dengan merujuk Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024 mengenai ambang batas pencalonan kepala dan wakil kepala daerah. Selain itu, untuk merespons pertemuan Anies dengan Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jakarta pada Sabtu ini.

Berita Lainnya:
Urusan PDIP Gabung Koalisi, PKB Serahkan ke Prabowo

Sementara itu, dia mengatakan bahwa perubahan koalisi pascaputusan MK, termasuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan melihat perkembangan yang terjadi ke depannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

“Ya semua pilkada punya hukum lokalitasnya, ya, semua sudah kompak dengan daerah masing-masing. Tentu bisa bareng, bisa beda-beda, tetapi tergantung perkembangan nanti,” jelasnya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, terdapat 8.248.283 jiwa yang termasuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Jakarta.

Oleh karena itu, ambang batas minimal untuk Pilkada Jakarta adalah paling sedikit 7,5 persen suara Pemilu 2024. Sementara itu, PDIP meraih 14,01 persen suara pada Pemilu 2024, sehingga bisa mengusung bakal pasangan calon sendiri.

Berita Lainnya:
SBY Lontarkan Pesan Menohok: Ada Pihak Tidak Inginkan Demokrat di Pemerintah

Adapun Anies Baswedan mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Kantor DPD PDIP DKI Jakarta pada Sabtu, salah satunya membahas pilkada Jakarta. Kendati demikian, Anies menuturkan, baik dirinya maupun DPD PDIP Jakarta masih menunggu keputusan serta langkah ke depan.

“Jadi hal-hal yang menyangkut pilkada tentu kita obrolkan, tapi kita semua menunggu apa yang menjadi keputusan. Jadi tadi sama sekali kita tidak menyinggung soal keputusan, langkah dan lain-lain karena semuanya di luar kewenangan kita,” katanya seusai pertemuan di Kantor DPD PDIP Jakarta, Sabtu.


Reaksi & Komentar

قَالَ أَمَّا مَن ظَلَمَ فَسَوْفَ نُعَذِّبُهُ ثُمَّ يُرَدُّ إِلَىٰ رَبِّهِ فَيُعَذِّبُهُ عَذَابًا نُّكْرًا الكهف [87] Listen
He said, "As for one who wrongs, we will punish him. Then he will be returned to his Lord, and He will punish him with a terrible punishment. Al-Kahf ( The Cave ) [87] Listen

Berita Lainnya