ACEH

Safrizal Ajak Mahasiswa Ilmu Politik Jaga Persatuan Indonesia

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_print

BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Safrizal, mengajak mahasiswa yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) dari seluruh kampus setanah air untuk menjaga keutuhan persatuan negara republik Indonesia. Menurutnya, perlu adanya pencegahan disintegrasi nasional yang berpotensi terjadi di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

“Berdasarkan data SPS 2024, Indonesia dikategorikan sebagai negara dengan risiko medium, dalam artian terdapat potensi ancaman yang dapat timbul sewaktu-waktu seperti terorisme hingga kekerasan politik,” kata Safrizal saat mengisi materi seminar nasional dalam Rapat Evaluasi Nasional ke-VIII Himapol Indonesia, di Gedung AAC Dayab Dawood Universitas Syiah Kuala (USK), Selasa, (27/8/2024).

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Safrizal mengatakan, gejolak di Eropa dan Timur Tengah yang terjadi saat ini bisa saja berimbas dan meluas ke Indonesia. Selain itu, kondisi keberagaman suku, bahasa, dan budaya di Indonesia juga berpotensi menimbulkan disintegrasi nasional bila tidak dikelola dengan prinsip yang disepakati bersama, yakni mewujudkan kesejahteraan dan keadilan dalam masyarakat.

Berita Lainnya:
Tim Sepak Bola Aceh Dapat Bonus dari Pj Gubernur Usai Kalahkan Banten

“Selama persamaan hak dan keadilan bisa ditegakkan ke seluruh lapisan masyarakat, maka integrasi negara bisa terus dijaga,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Safrizal mengatakan, mahasiswa ilmu politik sudah semestinya memahami peta geopolitik nasional hingga global. Ia berharap para mahasiswa dapat ikut andil dalam menghadirkan langkah-langkah politik yang baik di daerahnya masing-masing.

“Sudah semestinya mahasiswa ilmu politik ketika terjun dalam politik praktis, langkah dan strategi politiknya sesuai dengan ilmu yang dipelajari,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Safrizal mengatakan, ilmu politik akan terus berkembang seiring perubahan zaman. Oleh sebab itu, ia meminta rapat evaluasi nasional mahasiswa ilmu politik se-Indonesia itu dapat mendiskusikan kesesuaian praktek dan teori.

Berita Lainnya:
Pemerintah Aceh Siap Hadapi Fase Kepulangan Tamu PON XXI

“Kalau perlu rapat evaluasi nasional Himapol ini melahirkan sebuah buku,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Lebih lanjut, Safrizal berharap mahasiswa ilmu politik dapat menghadirkan demokrasi yang subtansial di tengah masyarakat. Demokrasi subtansial dapat hadir melalui pendidikan politik yang diberikan para mahasiswa.

“Perguruan tinggi bertanggungjawab terhadap kondisi bangsa, juga bertanggungjawab menciptakan kesejahteraan nasional, karena itu lakukanlah pendidikan politik dengan penyuluhan kepada masyarakat agar teori dan praktek searah,” pungkas Safrizal.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Rektor USK Prof Marwan juga menyampaikan hal yang senada. Menurutnya keragaman suku bangsa, agama dan budaya yang ada di Indonesia perlu dijaga keutuhannya. Menjaga keutuhan tersebut dapat dilakukan melalui merawat demokrasi.

“Kita berharap kegiatan ini bisa merumuskan langkah ke depan bagi Himapol dan berfungsi bagi pengembangan mahasiswa dan pendidikan,” kata Marwan. []


Reaksi & Komentar

الَّذِينَ كَانَتْ أَعْيُنُهُمْ فِي غِطَاءٍ عَن ذِكْرِي وَكَانُوا لَا يَسْتَطِيعُونَ سَمْعًا الكهف [101] Listen
Those whose eyes had been within a cover [removed] from My remembrance, and they were not able to hear. Al-Kahf ( The Cave ) [101] Listen

Berita Lainnya