NASIONAL
NASIONAL

Setelah Vakum 5 Tahun, JKT48 Gelar Senbatsu Sousenkyo Lagi: Siapa yang Akan Jadi Center Single ke-26 Tahun Ini?

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Setelah lima tahun vakum, JKT48 kembali menggelar ajang Senbatsu Sousenkyo. Ajang pemilihan member untuk single ke-26 JKT48 yang mekanismenya mirip pemilihan umum itu, mengusung tema “Saatnya Kesempatan – Chance no Junban”. Ajang pemilihan Member Single ke-26 ini akan menjadi momen penting bagi seluruh member dan penggemar untuk kembali merasakan euforia pemilihan langsung.Senbatsu Sousenkyo adalah acara tahunan yang diadakan oleh 48 Group, termasuk JKT48. Dalam ajang ini, para fans memiliki kesempatan untuk memilih anggota favorit mereka yang akan menjadi bagian dari senbatsu, yaitu tim inti yang akan membawakan lagu utama pada single terbaru JKT48.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Member JKT48 dengan perolehan suara terbanyak akan menjadi center atau pusat dari formasi senbatsu. Sebuah posisi yang sangat prestisius dan penuh tanggung jawab.

Tradisi ini pertama kali diadakan oleh AKB48 di Jepang dan telah menjadi salah satu acara terbesar di kalangan 48 Group. Bagi para member, ini adalah kesempatan untuk menunjukkan popularitas dan pengaruh mereka. Sementara bagi para fans, ini adalah kesempatan untuk mendukung, menunjukkan loyalitas mereka secara langsung.

Berita Lainnya:
Jokowi Paranoid Jelang Lengser
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Berdasar informasi yang dirilis di website resmi JKT48, proses pemilihan ini akan berlangsung selama beberapa bulan. Dimulai dari pembukaan voting hingga pengumuman hasil akhir. 

Berikut adalah jadwal lengkapnya:

– Periode voting dimulai: 1 September 2024 pukul 18.00 WIB

– Pengumuman pertama peringkat sementara:28 September 2024

– Pengumuman kedua peringkat sementara: Akan diumumkan lebih lanjut

– Distribusi kode voting berakhir: 30 November 2024

– Periode voting ditutup: 9 Desember 2024 pukul 12.00 WIB

– Pengumuman hasil akhir: 15 Desember 2024

Dalam periode ini, fans dapat memberikan dukungan mereka melalui pembelian single terbaru yang dilengkapi dengan kode voting. Kode tersebut kemudian dapat digunakan untuk memberikan suara kepada member yang mereka favoritkan.

Tahun ini, tema dari senbatsu sousenkyo adalah “Saatnya Kesempatan”. Sesuai dengan lagu yang dibawakan AKB48 yakni Chance no Junban pada 2010. Dulu, lagu ini dibawakan oleh senbatsu dari hasil turnamen suit batu kertas gunting (janken) AKB48 yang dimenangkan Mayumi Uchida.

Berita Lainnya:
Menkominfo Budi Arie Sebut Transisi Pemerintahan Kali Ini Terbaik Sepanjang Sejarah Indonesia

Fakta menariknya, kompetisi janken pada September 2010 jth diikuti 51 member AKB48 termasuk 4 trainee. Nah, pada senbatsu sousenkyo JKT48 2024, juga diikuti oleh 51 member. 

“Lagu tema “Saatnya Kesempatan – Chance no Junban” yang dirilis pada 2 September 2024, menjadi simbol harapan bagi seluruh member dan fans untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar tujuan mereka,” tulis JKT48 Operational Team (JOT).

Baru 4 Member Pernah Jadi Nomor 1

Dalam sejarah Senbatsu Sousenkyo JKT48, ada 4 nama telah berhasil meraih posisi nomor 1 dan menjadi center. Berikut adalah daftar member JKT48 yang pernah menjadi nomor 1 di senbatsu sousenkyo:

– Melody Nurramdhani Laksani – 2014

– Jessica Veranda – 2015, 2016

– Cindy Yuvia – 2018

– Shani Indira Natio – 2017, 2019

Setiap kemenangan ini bukan hanya menjadi pencapaian pribadi bagi para member, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam sejarah perjalanan JKT48.


Reaksi & Komentar

وَيُنذِرَ الَّذِينَ قَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا الكهف [4] Listen
And to warn those who say, "Allah has taken a son." Al-Kahf ( The Cave ) [4] Listen

Berita Lainnya