Kamis, 19/09/2024 - 09:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Pilkada Aceh: Jauhi Prasangka Buruk Terhadap Ulama

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_print

BANDA ACEH – Sekretaris Jenderal Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD), Dr. Teuku Zulkhairi, MA, menyampaikan pandangannya terkait keterlibatan ulama dalam politik pada Pilkada 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Hal ini disampaikannya saat tampil sebagai narasumber pada acara Focus Group Discussion (FGD) bertema “Tarik Menarik Dukungan Ulama pada Pilkada 2024: Kepentingan Umat atau Politik Praktis”, di Banda Aceh, Kamis (29/8/2024).

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Zulkhairi menekankan, keterlibatan ulama dalam politik merupakan hak yang harus dihormati oleh semua pihak, sama seperti menghargai pasangan calon (Paslon) lainnya. Menurutnya, setiap Paslon, baik itu dari kalangan ulama atau bukan, tentu memiliki visi masing-masing yang perlu dijunjung tinggi.

“Harapan kita kepada ulama yang terlibat dalam politik adalah agar mereka benar-benar membawa visi besar Islam, yakni mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat serta memperbaiki sistem pemerintahan yang sejalan dengan nilai-nilai Islam,” ujar Zulkhairi kepada wartawan.

Berita Lainnya:
ESI Provinsi Aceh Targetkan Tiga Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

ADVERTISEMENTS

Ia juga mengingatkan, ulama yang terlibat dalam politik memiliki beban besar di pundak mereka. Kegagalan dalam mengimplementasikan visi Islam dalam pemerintahan akan berdampak pada hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap ulama sebagai pemimpin.

“Kalau para ulama ini gagal dalam visi tersebut, tentu masyarakat akan melihat ulama tidak bisa memimpin, dan masyarakat juga gagal menemukan bagaimana implementasi nilai-nilai Islam dalam konteks pemerintahan,” lanjutnya.

ADVERTISEMENTS

Zulkhairi menegaskan, keterlibatan ulama dalam politik bukan hanya sekadar meraih kekuasaan, tetapi untuk memastikan pemerintah nantinya bisa membawa visi misi besar yang memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Berita Lainnya:
Pendaftaran Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh berlangsung Aman

“Saya kira para ulama berpolitik bertujuan ulama membawa nilai-nilai Islam hadir dalam setiap tatanan kehidupan, dan tentu visi para ulama ini juga adalah visi kita semua sebagai Muslim,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS

Untuk itu, Zulkhairi mengajak semua pihak untuk menjauhkan prasangka buruk terhadap ulama dan juga paslon lainnya yang maju pada Pilkada Aceh.

“Jadi jangan menuduh ulama berpolitik untuk tujuan pribadi untuk memperkaya diri, dan sebagainya, saya kira itu hal yang perlu dijauhi, kita sebagai muslim harus saling prasangka yang baik, bukan hanya kepada ulama, tapi juga kepada semua Paslon di Pilkada ini,” pungkas Zulkhairi. []

ADVERTISEMENTS


Reaksi & Komentar

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ ۚ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَن يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا ۖ وَإِن تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَىٰ فَلَن يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا الكهف [57] Listen
And who is more unjust than one who is reminded of the verses of his Lord but turns away from them and forgets what his hands have put forth? Indeed, We have placed over their hearts coverings, lest they understand it, and in their ears deafness. And if you invite them to guidance - they will never be guided, then - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [57] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi