NASIONAL
NASIONAL

Bukan Mulyono, Anies Batal Maju Pilkada Dinilai Karena PDIP Setengah Hati dan Terkait Kasus Ahok

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Sempat diisukan akan diusung PDI Perjuangan maju sebagai bakal Calon Gubernur Jakarta hingga Jawa Barat, Anies Baswedan dipastikan gagal maju pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono menyebut sosok “Mulyono” sebagai orang yang bertanggung jawab di balik kegagalan Anies Baswedan tersebut.

Diketahui, Mulyono yang dimaksud merupakan nama lahir dari Presiden Jokowi dan sempat menjadi perbincangan di media sosial.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Namun, Ketua Umum Rampai Nusantara, Mardiansyah Semar menilai kegagalan PDIP untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat bukan karena sosok di luar partai. Ia menilai hal itu justru disebabkan karena kehadiran Anies Baswedan belum diterima sepenuhnya oleh internal PDIP sendiri.

“Ketua DPD Jabar mungkin sedang tidak stabil emosi dan saat menyampaikan ada sosok Mulyono yang menjadi penyebab kegagalan pencalonan Anies Baswedan dalam Pilkada kali ini. Saya yakin justru karena masalah internal di partai itu sendiri yang belum sepenuh hati menerima sosok Anies Baswedan,” kata Semar dalam keterangannya, Sabtu (31/8/2024).

Untuk diketahui, Rampai Nusantara merupakan salah satu kelompok relawan pendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.   

Semar menilai Anies merupakan orang yang sejak Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 selalu berseberangan secara Politik dengan PDIP.

Berita Lainnya:
Jokowi dengan PDI-P Saja Bisa Pisah, Apalagi Cuma dengan Prabowo

Sehingga tidak mudah untuk meyakinkan kader di bawah untuk menerima orang yang selama ini menjadi lawan politiknya.

“Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 menjadi awal Anies berhadapan dengan ahok kader PDIP yang membawa luka mendalam karena tidak hanya menjual suara, tapi juga menyebabkan Ahok dijebloskan dalam penjara,” kata dia.

“Berlanjut pertarungan hingga pilpres 2024 lalu pun masih bersebrangan secara garis kepentingan politik di level nasional, kemudian tiba-tiba mau masuk menjadi bagian yang harus dimenangkan oleh kader-kader PDIP saya kira internal mereka akan sulit menerima dan tidak mungkin bisa maksimal memperjuangkannya, itu mungkin yang menjadi pertimbangan Bu Mega,” tambahnya.

Semar yakin saat ini partai menjadi penentu utama untuk maju tidaknya seseorang dalam pilkada meskipun secara aturan juga dimungkinkan untuk maju sebagai calon independen.

Karenanya, dikatakan dia, jika ada kegagalan pencalonan dalam pilkada sudah pasti karena mekanisme partai pengusung yang memiliki pertimbangan dan bukan sosok lain.

“Bu Mega ini ketua umum partai paling senior saat ini, partai pemenang pula kalo ada pihak yang menuding campur tangan orang di luar partai mengintervensi keputusanya saya kira orang itu tidak faham betapa tegas dan kuatnya nya ketua umum PDI Perjuangan, janganlah meragukan apalagi merendahkan bu mega yang seakan bisa di intervensi, beliau memiliki kewenangan mutlak dalam menentukan calon kepala daerah,” kata dia.

Berita Lainnya:
Aura Kebintangan Jokowi Luntur Pasca 20 Oktober

Dia pun menyarankan daripada membuat gaduh dengan menuding pihak lain di luar partai, ketua DPD PDI Perjuangan disarankan fokus pada pemenangan kadernya yang sudah diputuskan oleh partai.

“Menuding sosok Mulyono atau nama lain di luar partai justru memperlihatkan kegamangan memenangkan kader sendiri, sehingga menarik-narik nama Anies dengan harapan dapat simpati dari pendukungnya,@ kata dia.

Semar pun meminta PDIP fokus dengan pemenangan yang menyajikan berbagai program pro pada kepentingan masyarakat.

“Masalah apapun jangan selalu mengkambinghitamkan Mulyono atau Jokowi,” pungkasnya.

John Wick Ono Surono Tuding Mulyono yang Gagalkan Anies

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono membeberkan alasan PDIP batal mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jabar.

Dia menduga ada peran Mulyono dan gengnya yang beroperasi menggagalkan langkah tersebut.

Ono awalya menceritakan, penawaran untuk Anies sudah berjalan lancar.

“Kenapa gagal? Kami menghadapi tantangan yang sangat besar, tangan-tangan yang tidak menyetujui pak Anies didukung PDIP. Ya, Mulyono dan Geng. Tulis saja Mulyono,” kata Ono kepada wartawan, Jumat (30/8/2024).

Ono mengetahui betul bahwa Anies asli dari Kuningan dan punya track record bagus dalam membangn Jakarta.

1 2

Reaksi & Komentar

فَعَسَىٰ رَبِّي أَن يُؤْتِيَنِ خَيْرًا مِّن جَنَّتِكَ وَيُرْسِلَ عَلَيْهَا حُسْبَانًا مِّنَ السَّمَاءِ فَتُصْبِحَ صَعِيدًا زَلَقًا الكهف [40] Listen
It may be that my Lord will give me [something] better than your garden and will send upon it a calamity from the sky, and it will become a smooth, dusty ground, Al-Kahf ( The Cave ) [40] Listen

Berita Lainnya