NASIONAL
NASIONAL

Peringatan Dini Siaga Bencana Banjir di Empat Titik di Ternate, Masyarakat Diimbau Hindari Daerah Ini

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini siaga bencana rawan banjir di empat titik di Ternate.Prakirawan BMKG Ternate, Muhammad Fauzi Bintiang mengimbau masyarakat untuk menjauhi kawasan bantaran sungai dan tidak melakukan aktivitas di sekitar titik rawan longsor.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Saat ini di wilaya Kota Ternate terpantau awan konvektif yang signifikan dan juga terjadi hujan disertai angin kencang.

Adapun empat tiitk yang mengalami hujan intensitas sedang serta angin kencang yakni Pulau Ternate, Kota Ternate Selatan, kota Ternate Utara, dan Kota Ternate Tengah.

Berita Lainnya:
Adian Napitupulu Advokasi 26 Massa Aksi Tolak RUU Pilkada yang Ditangkap Polisi
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

“Hal ini dipicu adanya awan bergerak menuju arah barat dengan kondisi berkisar 20 km per jam hingga beberapa jam ke depan,” kata Fauzi, Sabtu (31/8/2024).

Terkait hal tersebut, pemerintah daerah dan pihak terkait diimbau untuk melakukan mitigasi dan pengurangan risiko bencana di lokasi yang berpotensi akan terdampak.

Sebelumnya, diketahui bahwa hujan dengan intensitas lebat itu menyebabkan terjadinya banjir bandang di Kelurahan Rua Kota Ternate.

Berita Lainnya:
Rano Karno Janji akan Revitalisasi Pasar Tradisional jika Menang Pilgub Jakarta

Sebanyak 18 ribu jiwa terdampak dari banjir bandang yang terjadi itu. Sementara ini, dikabarkan satu orang hilang.

Sementara itu, Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian satu korban banjir bandang di Kelurahan Rua, Kota Ternate.

“Pencarian satu korban di hari ke tujuh ini dengan membagikan dua kelompok serta mengerahkan sejumlah alat berat ke titik – titik sesuai target yang dipetakan,” katanya.


Reaksi & Komentar

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ ۚ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَن يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا ۖ وَإِن تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَىٰ فَلَن يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا الكهف [57] Listen
And who is more unjust than one who is reminded of the verses of his Lord but turns away from them and forgets what his hands have put forth? Indeed, We have placed over their hearts coverings, lest they understand it, and in their ears deafness. And if you invite them to guidance - they will never be guided, then - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [57] Listen

Berita Lainnya