NASIONAL
NASIONAL

Mengintip Geliat Bisnis Kaesang: Sepi Pembeli, Tutup Permanen hingga Disebut Diambil Hotman Paris

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Gaya hidup putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan usai beredar video menunjukkan keduanya turun dari pesawat jet pribadi dan dijemput mobil di apron bandara tanpa melewati pemeriksaan Ditjen Bea Cukai.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Hal itu membuat Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan adanya dugaan penerimaan gratifikasi terkait hal itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, pihak lembaga anti-rasuah hanya minta adik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka itu agar datang mengklarifikasi.

Belum lagi Erina Gudono juga disorot lantaran dikabarkan memiliki koleksi tas branded dengan harga mulai puluhan hingga ratusan juta rupiah seperti merek Louis Vuitton, Chanel dan Dior.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Meski masih muda, Kaesang Pangarep selaku putra bungsu Presiden Jokowi juga dikenal memiliki sejumlah bisnis yang pada awal merintis cukup dikenal publik, mulai food and beverage (F&B) alias kuliner, fashion, hingga aplikasi digital saham dan jual beli masakan rumahan.

Sebagian bisnis tersebut juga merupakan kerja sama dengan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. 

Lalu, bagaimana kondisi bisnis Kaesang Pangarep saat ini?

Tim Tribunnews melakukan penelusuran untuk mengetahui gambaran kondisi terkini bisnis Kaesang Pangarep di Jakarta pada 31 Agustus – 2 September 2024.

Diketahui, bisnis Kaesang Pangarep dimulai pada 2017 dengan mendirikan Kaesang mendirikan Sang Javas dengan produksi kaus desain gambar karikatur.

Berita Lainnya:
Magang di Pengadilan Agama, Sejumlah Mahasiswi IAIN Kudus Jadi Korban Pelecehan

Dari situ, gurita bisnis Kaesang khususnya kuliner terus berkembang di Indonesia dengan mendirikan sejumlah brand kuliner lainnya. Di antaranya Mangkokku, Yam Ayam, Ternakopi, Let’s Toast dan aplikasi Madhang.

Namun, seiring waktu, satu per satu bisnis Kaesang sepi pembeli hingga banyak gerai kulinernya yang tutup. 

Mangkokku

Kaesang mendirikan Mangkokku pada tahun 2019 dengan menggandeng Master Chef Indonesia, Chef Arnold, Randy J. Kartadinata, kakak Kaesang yaitu Gibran.

Mangkok Ku menjual berbagai jenis rice bowl. Pada 2022, bisnis kuliner ini tercatat telah membuka 54 gerai di 16 kota. Rice bowl buatan Mangkok Ku juga menduduki rice bowl nomor 1 pada GoFood dan GrabFood pada tahun 2022.

Kini, beberapa outlet Mangkokku di Jakarta tampak sepi, seperti di cabang Tanjung Duren dan cabang Kemanggisan, Jakarta Barat.

Dari pantauan di Mangkokku cabang Kemanggisan, tampak bagian pagar lahan yang luasnya kira-kira seukuran tiga lapangan futsal itu masih terpampang neon box bertuliskan nama bisnis kepunyaan Kaesang itu.

Masuk ke dalam halaman, tak tampak seorang pun pembeli. Hanya ada seorang petugas keamanan yang sedang bersih-bersih dan dua orang karyawan lainnya mengenakan celemek.

Saat ditemui, seorang petugas keamanan itu mengatakan, meski di hari libur akhir pekan, restoran ini tidak tutup. Masih ada beberapa pembeli melalui aplikasi layanan antar makanan dari beberapa perusahaan ojek online ternama di Indonesia. Apalagi, cabang di Kemanggisan ini lebih diperuntukkan sebagai dapur pusat dan gudang penyimpanan barang.

Berita Lainnya:
Bintang Timnas Indonesia Jadi Rebutan, NAC Breda Menyesal Gagal Datangkan Thom Haye yang Ditikung Almere City: Sayang Sekali Kami...

Mereka mulai buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 23.00 WIB.

Meski demikian, sekitar 30 menit Tribunnews berada di lokasi, tak seorang pun pengendara ojek online yang datang untuk mengambil pesanan makanan pembeli.

Petugas tersebut mengatakan, bisnis Mangkokku tidak sepenuhnya dimiliki Kaesang. Sebagian sahamnya sudah diambil alih pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan Chef Arnold sebelum Pilpres 2024.

Meski begitu, pengambilalihan tersebut belum terkonfirmasi.

Total ada enam karyawan di Mangkokku cabang Kemanggisan ini. Saat hari kerja, terdapat lima orang pegawai yang bekerja dan satu karyawan libur. Sementara di akhir pekan, hanya dua orang yang bekerja.

Selanjutnya, penelusuran berlanjut ke Mangkokku cabang Tanjung Duren. Di sini bisnis tersebut berlangsung di sebuah ruko berlantai dua, yang melayani pesanan makanan dari aplikasi ojek online dan juga makan di tempat.

Area untuk para pembeli yang ingin makan di tempat lebih bagus daripada yang tersedia di Mangkokku cabang Kemanggisan. Ada meja bar panjang tempat kasir, yang terpampang berbagai menu makanan dan minuman, persis selayaknya restoran makanan cepat saji pada umumnya.

1 2 3 4

Reaksi & Komentar

وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَن شَاءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [29] Listen
And say, "The truth is from your Lord, so whoever wills - let him believe; and whoever wills - let him disbelieve." Indeed, We have prepared for the wrongdoers a fire whose walls will surround them. And if they call for relief, they will be relieved with water like murky oil, which scalds [their] faces. Wretched is the drink, and evil is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [29] Listen

Berita Lainnya