NASIONAL
NASIONAL

Satu Juta Rakyat Palestina di Gaza Kelaparan, Tak Ada Pasokan Makanan dan Kondisi Makin Memburuk

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH  –  Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan lebih dari satu juta orang di Gaza tengah dan selatan tidak menerima pasokan makanan apa pun selama bulan Agustus dan situasi kemanusiaan di Gaza masih sangat buruk.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, militer Israel menolak mengoordinasikan masuknya tim medis yang berafiliasi dengan kampanye darurat vaksinasi polio ke daerah-daerah di selatan Gaza.

Hamas menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggagalkan kesepakatan gencatan senjata dengan menolak menarik pasukan dari perbatasan Gaza dengan Mesir.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Setidaknya 40.878 orang tewas dan 94.454 luka-luka dalam perang Israel di Gaza. Setidaknya 1.139 orang tewas di Israel dalam serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan 90 persen kesepakatan Gaza telah disetujui tetapi beberapa “masalah kritis” masih ada, termasuk Koridor Philadelphi di tepi selatan Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir, tempat Israel ingin mempertahankan kendali. 

Warga Gaza mengungsi ke selatan OK

Bencana kemanusiaan di Gaza terus berlanjut. Suasana warga Gaza saat dipaksa mengungsi Gaza selatan oleh militer Israel, November 2023.

Berita Lainnya:
Apa Itu Pacta Sunt Servanda? Bahasan Rocky Gerung Bikin Relawan Gibran Silfester Matutina Ngamuk

Ofri Bibas Levy, saudara perempuan Yarden Bibas, yang ditawan bersama keluarganya, mengatakan kepada stasiun radio Israel Reshet Bet bahwa sikap Netanyahu menunjukkan bahwa ke depan akan “lebih banyak korban penculikan akan dibunuh” di Gaza.

“Sulit bagi saya untuk optimis, tapi tanpa perjuangan kita mereka tidak akan kembali,” ujarnya.

“Ketika Bibi melanjutkan dan mengulangi bahwa mereka tidak akan menyerahkan Philadelphi [Koridor], bagi saya itu berarti tidak ada kesepakatan dan akan lebih banyak lagi korban penculikan yang dibunuh,” kata dia.

Sementara itu, Israel mengklaim melakukan serangan udaraKamis malam terhadap depot senjata Hizbullah di Lebanon selatan termasuk beberapa wilayah lain di Lebanon.

Fasilitas penyimpanan amunisi terletak di dekat desa Blida, sementara lokasi militer lainnya yang menjadi sasaran berada di dekat desa Aita al-Shaab dan Yarin, kata tentara.

Serangan-serangan itu terjadi setelah serangan udara mematikan Israel lainnya kemarin di dekat kota Kafra di Lebanon selatan, yang merusak parah properti di daerah tersebut dan menewaskan sedikitnya satu orang, menurut Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA).

Berita Lainnya:
Anjing Pelacak Berhasil Temukan Baju Pelaku Pembunuh Nia Gadis Penjual Gorengan

Netanyahu Langgengkan Teror di Gaza demi Langgengkan Kekuasaan di Israel

Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, dengan tajam mengkritik Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu sebagai pelaku utama genosida di Gaza.

Mengutip Anadolu Agency, Kamis, 5 September 2024, Hakan Fidan menuduh Netanyahu sengaja melanggengkan tindak kekerasan di Gaza untuk mempertahankan kekuasaan Politik.

“Netanyahu terus menyebarkan kematian dan teror untuk tetap berkuasa,” kata Fidan pada konferensi pers di Skopje, usai pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Makedonia Utara, Timco Mucunski.

Fidan mengutuk tindakan militer Israel yang sedang berlangsung dan menyoroti meningkatnya serangan terhadap warga Palestina di Tepi Barat, serta provokasi di Masjid Al-Aqsa, yang menurutnya memperburuk krisis.

Menteri Luar Negeri Turki juga mengklaim bahwa Netanyahu merusak upaya gencatan senjata dengan menerapkan persyaratan baru dan menghalangi negosiasi.

Dia menyerukan komunitas internasional untuk mengambil tindakan melawan Netanyahu, dengan menyatakan, “Tetap diam terhadap pembantaian tersebut sama dengan terlibat dalam kejahatan tersebut.”


Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلًا رَّجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا الكهف [32] Listen
And present to them an example of two men: We granted to one of them two gardens of grapevines, and We bordered them with palm trees and placed between them [fields of] crops. Al-Kahf ( The Cave ) [32] Listen

Berita Lainnya