NASIONAL
NASIONAL

Jokowi Sadar Pemindahan ASN ke IKN Tak Bisa Buru-Buru, Batal Diboyong Bulan September: Tak Segampang yang Dibayangkan

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan setelah seluruh fasilitas yang dibutuhkan benar-benar siap.Hal ini menjadi isyarat bahwa rencana pemindahan ASN ke IKN pada September 2024 masih dikaji ulang.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Dalam keterangannya saat berkunjung ke Jawa Timur, Jokowi menekankan pentingnya kesiapan penuh sebelum melakukan proses perpindahan ASN ke IKN.

“Ya, semuanya kan dilihat dari fasilitas-fasilitas yang ada, sudah siap atau belum. Memang sebagian sudah siap, tetapi sebagian juga belum. Saya kira kita pindah itu kalau betul-betul siap, termasuk saya juga sama. Pindah itu harus benar-benar siap,” ujar Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Sabtu (7/9/2024).

Berita Lainnya:
3 Pembunuh Putrinya Tak Ditahan, Ayah Siswi SMP di Palembang: Kacau Pikiran, Itu Anak Emas Saya
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Presiden menyampaikan, saat ini pemerintah terus melakukan kunjungan rutin ke IKN untuk memastikan perkembangan pembangunan sesuai dengan rencana.

Pemerintah secara intensif terus berkonsolidasi dengan Kepala Otorita IKN untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

“Tapi, kan kita terus berkunjung ke sana, 3 hari atau 4 hari, untuk terus mengonsolidasikan dengan Pak Kepala Otorita IKN agar apa yang sudah kita rencanakan sesuai dengan target yang ditentukan. Ini pekerjaan besar, ini pekerjaan yang sangat besar sekali,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan bahwa proses pemindahan tidak semudah yang dibayangkan.

Mengingat, masih banyaknya hal yang perlu dipersiapkan, termasuk perumahan, apartemen, listrik, dan air bersih.

Berita Lainnya:
2100 Postingan Fufufafa Bukan Dihapus Hacker

“Jadi tidak segampang yang kita bayangkan, pindah langsung pindah, karena menyangkut kesiapan rumahnya, apakah apartemennya siap, apakah airnya juga siap, listriknya juga siap. Semuanya ini perlu dipersiapkan,” kata Jokowi.

Di sisa jabatannya yang tinggal satu bulan, Jokowi menekankan pentingnya membangun ekosistem yang mendukung kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya di IKN.

Hal itu agar nantinya tercipta komunitas yang harmonis dan berfungsi dengan baik.

“Kita membangun sebuah ekosistem besar, di mana nanti kita harapkan ada interaksi yang betul-betul baik antara masyarakat, antara warga yang tinggal di sana, sehingga tercipta sebuah komunitas yang hidup baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lainnya,” tutup Jokowi.


Reaksi & Komentar

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا الكهف [47] Listen
And [warn of] the Day when We will remove the mountains and you will see the earth prominent, and We will gather them and not leave behind from them anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [47] Listen

Berita Lainnya