LINGKUNGAN

Misteri UFO di Langit Makassar yang Dilaporkan Pilot Indonesia, Apa Sebenarnya?

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH – Seorang pilot Indonesia, Kapten Bebi, mengaku melihat Unidentified Flying Object (UFO) atau Unidentified Aerial Phenomena (UAP) saat terbang dari Jakarta menuju Makassar pada 11 Agustus 2024 sekitar pukul 03.00 dini hari.Dalam kesaksiannya, Kapten Bebi bilang jika benda yang ia lihat dengan co-pilotnya melakukan pergerakan yang sangat aneh dan mustahil dilakukan oleh pesawat konvensional. Benda itu sempat direkam oleh Kapten Bebi, dan telah dia unggah di akun Instagramnya, @keptenbebi.

ADVERTISEMENTS
Pengumuman Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2024

Benda tersebut menurutnya bergerak zig-zag, naik-turun, dengan kecepatan tinggi.

“Dalam kondisi normal, pesawat hanya bergerak ke kanan-kiri, atas-bawah, dan dengan kecepatan pelan. Namun, benda ini bergerak zig-zag dengan cepat,” kata Kapten Bebi kepada Pandangan Jogja, pekan lalu.

Berita Lainnya:
Ini Penjelasan Rocky Gerung soal Meteri Jokowi Temui Gibran Tiap Sabtu di Solo: Setor Uang?
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Ia juga meyakini bahwa objek tersebut bukanlah satelit. Sebab, satelit memiliki kecepatan dan arah pergerakan yang konstan atau stabil.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komunitas BETA-UFO Indonesia, Nur Agustinus, mengatakan bahwa sulit untuk mengidentifikasi objek tersebut hanya dari video yang diunggah Kapten Bebi.

Namun, menurut dia ada dua kemungkinan terkait benda tersebut. Pertama, bisa jadi benda itu adalah planet karena pada tanggal-tanggal tersebut memang sedang terjadi peristiwa astronomi berupa konjungsi Jupiter dan Mars.

Hal itu membuat cahaya dari dua planet tersebut lebih terang dari biasanya.

“Kedua, bisa jadi itu memang benar-benar benda yang belum teridentifikasi, atau UFO,” ujar Nur.

Berita Lainnya:
Dapat Tambahan Anggaran Rp10 Miliar untuk Promosi Makan Bergizi Gratis, Menkominfo: Kita Perlu Sosialiasi
Nur Agustinus.

Terkait gerakannya yang zig-zag, Nur juga belum bisa menyimpulkan, apakah benda tersebut benar-benar bergerak zig-zag atau karena efek kamera yang tidak stabil.

Namun, ia mengapresiasi keberanian Kapten Bebi yang bersedia melaporkan pengalaman tersebut. Hal itu akan menjadi data penting bagi bidang ilmu yang mempelajari mengenai UFO atau UAP ini.

“Saya kira ini hal yang baik ketika pilot melaporkan hal-hal aneh yang mereka lihat saat terbang. Kesaksian pilot penting karena mereka adalah orang yang sangat terlatih dan memiliki pengalaman di udara. Kasus serupa pernah terjadi, seperti pesawat Japan Airlines yang juga melaporkan melihat UFO,” kata Nur Agustinus.


Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلًا رَّجُلَيْنِ جَعَلْنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا الكهف [32] Listen
And present to them an example of two men: We granted to one of them two gardens of grapevines, and We bordered them with palm trees and placed between them [fields of] crops. Al-Kahf ( The Cave ) [32] Listen

Berita Lainnya