Kamis, 19/09/2024 - 06:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Masjid Keuchik Leumiek dan Oman Masuk Nominasi Masjid Percontohan Tingkat Nasional

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_print

BANDA ACEH – Masjid Haji Keuchik Leumiek dan Masjid Oman Al-Makmur masuk nominasi masjid percontohan dan ramah 2024 berdasarkan penilaian tim Kementerian Agama (Kemenag) RI, Sabtu, 14 September 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Penilaian ini merupakan bagian dari program Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah Nasional 2024 (AMPERA) yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ketua Tim Hisab Rukyah Proha dan Kemasjidan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Alfirdaus Putra mengatakan, Masjid Haji Keuchik Leumiek masuk nominasi kategori Masjid Jamik Percontohan, sedangkan Masjid Oman Al Makmur masuk kategori Masjid Ramah Musafir, Difabel dan Lansia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

“Adapun yang dinilai adalah unsur idarah (manajemen), imarah (kemakmuran) dan riayah (pemeliharaan dan pembangunan) ditambah dengan kriteria ramah lingkungan, ramah dhuafa, ramah keragaman, ramah musafir  dan ramah difabel serta lansia,” katanya.

Berita Lainnya:
KIM Plus Biang Kerok Kotak Kosong di Pilkada 2024

Alfirdaus menambahkan, Masjid Haji Keuchik Leumik dinilai sebagai masjid percontohan karena memiliki program seperti pengembangan keilmuan Islam, kegiatan sosial, keaktifan remaja masjid dan juga pusat kegiatan pembelajaran Alquran.

Sedangkan, Masjid Oman, menurutnya, dinilai ramah untuk musafir, difabel dan lansia karena memiliki fasilitas seperti penginapan, penyediaan makanan dan minuman gratis, dan pengelolaan baitul mal.

“Yang dinilai bukan hanya insfrastruktur tapi juga program keummatan yang dijalankan di masjid tersebut. Berdasarkan penilaian tim pusat, dua masjid ini dianggap memenuhi semua kriteria penilaian,” kata Alfirdaus.

Berita Lainnya:
Persiraja Raih Kemenangan Perdana Liga 2 di Markas Persikabo, Skor 2-4

Dia menjelaskan,  pihaknya telah mengajukan 11 masjid di Aceh dalam pemilihan masjid percontohan dan ramah nasional 2024, namun hanya dua masjid yang masuk nominasi nasional.

“Alhamdulillah dua masjid ini nantinya akan mewakili Aceh pada  Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah Nasional di Masjid Syaikh Zaid Solo Jawa Tengah pada tanggal 25-27 September 2024,” ujarnya.

Sementara itu, tim penilai dari Kemenag RI Ismail Fahmi menilai program dua masjid ini dapat menjadi contoh bagi masjid lainnya di Indonesia.

“Ternyata banyak masjid seperti Jogokariyan di Aceh dan para pengurus masjid bisa studi ke dua masjid ini,” ungkapnya.[]


Reaksi & Komentar

فَلَمَّا بَلَغَا مَجْمَعَ بَيْنِهِمَا نَسِيَا حُوتَهُمَا فَاتَّخَذَ سَبِيلَهُ فِي الْبَحْرِ سَرَبًا الكهف [61] Listen
But when they reached the junction between them, they forgot their fish, and it took its course into the sea, slipping away. Al-Kahf ( The Cave ) [61] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi