Kamis, 19/09/2024 - 07:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dua Kali Gempa Darat dari Berau Guncang Kalimantan Timur Malam Ini, Simak Penjelasan BMKG

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH –  Gempa telah mengguncang wilayah yang cukup luas di Kalimantan Timur pada Minggu malam ini, 15 September 2024. Gempa berkekuatan Magnitudo 5,5–diperbarui dari info awal M5,6–berpusat di darat, 145 kilometer sebelah tenggara Berau.Data dari BMKG menyatakan gempa itu terjadi pada pukul 20.08 WIB, berasal dari kedalaman 11 kilometer. Episentrum tepatnya di wilayah Batu Putih, Berau. “Jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas Sesar Mangkalihat,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis pasca-gempa.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Gempa itu berdampak dan dirasakan di daerah Berau, Tanjung Redep, Teluk Bayur, Tanjung Selor, Tarakan, Bulungan, Sangkulirang dengan skala intensitas III-IV MMI. Pada skala itu, gempa bisa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah jika gempa itu terjadi pada siang hari. Atau, mampu membuat pintu dan jendela berderit. 

Berita Lainnya:
Pantes Tutup Pintu, Ini Bahaya yang Dihadapi PKB Jika Dukung Anies di Pilkada DKI Jakarta

Gempa juga bisa dirasakan di Bontang pada skala, Bengalon, Muara Badak pada skala II-III MMI. Artinya, getarannya nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas. Atau juga, membuat benda ringan yang digantung bergoyang. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Menurut keterangan Daryono, gempa M5,5 telah didahului gempa pembuka M4,1. “Kedua pusat gempa sangat berdekatan,  sehingga menjadi tipe gempa pembuka dan utama.”

Berita Lainnya:
Gegara Lagu Bento dan Bongkar, Setiawan Djody Ngaku Sering Dipanggil Benny Moerdani

Berdasarkan data BMKG, gempa pembuka itu terjadi pada pukul 18.28 WIB. Pusatnya berada 143 kilometer tenggara Berau. Gempa ini bisa dirasakan di Batu Putih, Berau, dan Sangkulirang, Kutai Timur, pada skala II-III MMI.

Hingga pukul 20.45 WIB, dia menambahkan, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu kali aktivitas gempa susulan (aftershock). “Kepada masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” katanya.


Reaksi & Komentar

سَيَقُولُونَ ثَلَاثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَاءً ظَاهِرًا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًا الكهف [22] Listen
They will say there were three, the fourth of them being their dog; and they will say there were five, the sixth of them being their dog - guessing at the unseen; and they will say there were seven, and the eighth of them was their dog. Say, [O Muhammad], "My Lord is most knowing of their number. None knows them except a few. So do not argue about them except with an obvious argument and do not inquire about them among [the speculators] from anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [22] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi