Kamis, 19/09/2024 - 15:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

APLIKASITEKNOLOGI

Pendiri TikTok Jadi Orang Terkaya di China, Harta Kekayaannya Capai Rp702 Triliun

ADVERTISEMENTS
PON XXI Pekan Olahraga Nasional ACEH-SUMUT 8-20 September 2024 dari Bank Aceh
image_pdfimage_print

BANDA ACEH  – Pendiri ByteDance, Zhang Yiming menempati posisi teratas sebagai orang terkaya di China, menurut laporan Forbes Real-Time Billionaires.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sebagaimana diketahui, ByteDance merupakan perusahaan induk TikTok.

Zhang berhasil menggeser posisi yang sebelumnya ditempati Chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati HARDIKDA - Hari Pendidikan Daerah

Ini merupakan kali pertama Zhang, pengusaha berusia 40 tahun, meraih mahkota orang terkaya di China.

Tercatat harta kekayaannya tembus US$ 45,6 miliar atau setara Rp 702 triliun.

Sedangkan Zhong yang bergeser ke posisi ke-2 tercatat memiliki harta US$ 43,3 miliar atau setara Rp 666 triliun.

CNBC melaporkan, Zhang terus memperoleh kekayaan bersihnya dari kepemilikan saham di perusahaan swasta, yang menurut Forbes memiliki penilaian sebesar $217 miliar berdasarkan wawancara analis dan data dari platform perdagangan tempat investor dapat membeli dan menjual saham di perusahaan yang tidak terdaftar secara publik.

Meskipun valuasi ByteDance telah turun dari puncaknya yaitu lebih dari $400 miliar pada tahun 2021 karena ketegangan geopolitik dan penurunan teknologi secara luas, kekayaan Zhang kini melampaui kekayaan Zhong.

Zhong yang berusia 69 tahun dan sudah menduduki posisi orang terkaya China selama tiga tahun berturut-turut.

Ia kesulitan mempertahankan posisinya di tengah tantangan untuk mengembangkan bisnis inti air minum kemasan Nongfu Spring.

Berita Lainnya:
Akun Fufufafa Kepergok Hapus 2.100 Postingan

Saham perusahaan yang terdaftar di Hong Kong kembali kehilangan 7,5 persen sejak mengumumkan hasil sementara tahun 2024 pada 28 Agustus, hari di mana Zhong melihat kekayaannya anjlok $4,4 miliar karena investor bereaksi terhadap kontraksi 18,5 persen tahun-ke-tahun dalam penjualan air kemasan.

Nongfu Spring diperdagangkan pada harga terendah sejak penawaran umum perdana pada tahun 2020.

Pada awal Agustus, Zhong kehilangan mahkota orang terkaya di China karena pendiri raksasa e-commerce PDD Holdings, Colin Huang.

Saham PDD yang terdaftar di Nasdaq anjlok 30 persen semalam pada tanggal 26 Agustus, ketika perkiraan manajemen dalam analis menyebutkan pertumbuhan laba jauh lebih lambat, sehingga merampas mahkota Huang.

Namun, ByteDance juga menghadapi masalah yang signifikan.

Zhang, yang tidak menonjolkan diri dan menggambarkan dirinya “tidak terlalu bisa bersosial” dalam sebuah surat yang mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun 2021.

Ia sejak itu menyerahkan kendali kepada teman sekamarnya di kampus, Liang Rubo, yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut dan sebelumnya menjabat sebagai kepala sumber daya manusia.

Zhang sekarang tinggal di Singapura, menurut dokumen pengadilan.

TikTok Dilarang di AS

ByteDance juga tengah memperjuangkan perintah larangan atau divestasi di Mahkamah Agung AS yang ditandatangani oleh Presiden AS Joe Biden pada bulan April lalu.

Berita Lainnya:
Bawaslu Sebut Teknologi AI Mulai Marak Dipakai untuk Memfitnah di Pilkada

Perintah tersebut memberikan waktu kepada perusahaan China tersebut hingga bulan Januari untuk menjual TikTok atau menghadapi pemblokiran di AS.

Anggota parlemen AS mengatakan kepemilikan perusahaan tersebut di China menimbulkan risiko keamanan nasional.

Di tengah ketidakpastian dan suramnya prospek IPO, beberapa investor ByteDance dilaporkan mempertimbangkan untuk menjual sebagian saham mereka di pasar swasta.

Meskipun menghadapi tantangan di luar negeri, bisnis dalam negeri ByteDance berjalan relatif baik.

Glen Anderson, salah satu pendiri dan CEO broker-dealer Rainmaker Securities yang berbasis di AS, mengatakan bisnis China yang “sangat menguntungkan” adalah alasan mengapa investor tidak lagi mengabaikan ByteDance setelah Biden menandatangani perintah pelarangan atau divestasi.

Pada 2023, ByteDance dilaporkan meningkatkan penjualan menjadi $120 miliar dari $80 miliar pada tahun sebelumnya, sementara laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi melonjak menjadi lebih dari $40 miliar dari sekitar $25 miliar pada tahun 2022, menurut laporan Bloomberg.

Perusahaan ini memperoleh pendapatan dari iklan digital yang ditempatkan pada aplikasi saudara TikTok di Tiongkok, Douyin, yang memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif harian di dalam negeri

1 2

Reaksi & Komentar

فَانطَلَقَا حَتَّىٰ إِذَا أَتَيَا أَهْلَ قَرْيَةٍ اسْتَطْعَمَا أَهْلَهَا فَأَبَوْا أَن يُضَيِّفُوهُمَا فَوَجَدَا فِيهَا جِدَارًا يُرِيدُ أَن يَنقَضَّ فَأَقَامَهُ ۖ قَالَ لَوْ شِئْتَ لَاتَّخَذْتَ عَلَيْهِ أَجْرًا الكهف [77] Listen
So they set out, until when they came to the people of a town, they asked its people for food, but they refused to offer them hospitality. And they found therein a wall about to collapse, so al-Khidh r restored it. [Moses] said, "If you wished, you could have taken for it a payment." Al-Kahf ( The Cave ) [77] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi